KANWIL KEMENKUMHAM PABAR GELAR REKONSILIASI PENYUSUNAN DATA LAPORAN KEUANGAN & BMN SEMESTER I TINGKAT WILAYAH TAHUN 2021

1

Manokwari (07/07/2021) – Setelah melakukan evaluasi penyusunan laporan Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) melalui Pra Rekonsiliasi yang digelar pada pertengahan bulan juni lalu, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat pagi tadi meyelenggarakan kegiatan Rekonsiliasi Penyusunan Data Laporan Keuangan Dan BMN Semester I Tingkat Wilayah Tahun 2021 di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat bertempat di Aula I Kanwil.

Digelar secara Virtual melalui zoom meeting, kegiatan Rekonsiliasi tersebut diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Kepala Divisi Administrasi (Kadivim), Piet Bukorsyom selaku Ketua Penyelenggara.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan dalam laporan yang disampaikan oleh Kadivmin ialah guna menghasilkan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2021 di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat yang dilaporkan lebih akuntabel transparan dan sesuai dengan SAP sehingga minim temuan.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, sambutan disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Slamet Prihantara yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan Rekonsiliasi tersebut.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Penyelenggara terkait tujuan Rekonsiliasi ini, Kakanwil dalam sambutannya menyampaikan bahwa salasatu hal penting dalam mewujudkan tujuan tersebut tentunya dilakukan dengan kerjasama yang baik antara para operator SAIBA dan SIMAK-BMN baik Kantor Wilayah, Unit Pelaksana Teknis (UPT) maupun Pusat.

Sebagai salah satu langkah persiapan Kanwil dalam mewujudkan tujuan tersebut ditengah pandemi Covid-19, Kakanwil berharap para operator dapat menyimak hal-hal yang nantinya disampaikan oleh narasumber/ pendamping yang hadir secara virtual serta saling berkomunikasi guna menyelesaikan kendala yang dihadapi dalam Penyusunan Data laporan keuangan sesuai SAP.

Lakukan hal-hal yang terbaik sesuai dengan aturan, walaupun secara vitual tetapi paling tidak bisa mendekati ambang optimal tentunya hal tersebut bisa dilakukan dengan komunikasi dan kerjasama yang baik” Tutur Kakanwil.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat selama satu semester Kepada operator SAIBA dan SIMAK-BMN yang hadir secara langsung di Aula Kanwil maupun virtual, Kakanwil berpesan agar kegiatan ini dijadikan sebagai wadah untuk menjadi operator yang profesional dan akuntabel dalam menyusun laporan keuangan sehingga tidak ditemukan lagi temuan yang berulang yang dilakukan baik oleh internal audit Internal maupun eksternal.

Setelah dibuka oleh Kakanwil, kegiatan dilanjutkan dengan Pemaparan materi sekaligus dengan pendampingan kepada para operator oleh narasumber/ Pendamping yang dihadirkan secara virtual.

Adapun narasumber/ pendamping yang hadir yaitu dari Biro Keuangan dan Biro BMN Sekjen Kemenkumham, Ditjen Imigrasi (SAIBA dan BMN) dan Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham (SAIBA dan BMN) serta Kanwil DJPB Provinsi Papua Barat dan KPKNL Kota Sorong.

Kegiatan direncanakan berlangsung selama 3 hari, (07 - 09 Juni 2021). Sementara dalam pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan menerapkan Prokes Covid-19 dan dihadiri oleh para Operator SAIBA dan SIMAK-BMN di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat baik yang hadir secara langsung maupun virtual.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut langsung maupun secara virtual para Pimpinan Tinggi Pratama, pejabat administrator dan pengawas, Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi serta JFU/JFT di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

Cetak