KEPALA DIVISI KEIMIGRASIAN TINJAU PELAKSAAN EAZY PASSPORT DI MANOKWARI SELATAN

WhatsApp Image 2021 09 14 at 13.30

 

Manokwari – Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Papua Barat, A. Pallawarukka turun langsung meninjau pelaksanaan pelayanan Eazy Passport,  kepada masyarakat yang diselengarakan oleh Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Non TPI manokwari, Selasa (14/09). Eazy Passport  merupakan sebuah inovasi layanan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imgirasi untuk mempermudah masyarakat, untuk mengurus dan memperoleh passpor di masa pandemi covid-19 dalam bentuk pelayanan paspor secara kolektif disuatu tempat diluar Kantor Imigrasi.

Mengusung sistem “jemput bola”, petugas dari Kantor Imigrasi akan mendatangi pemohon dilokasi yang sudah ditentukan dengan catatan pemohon dalam jumlah tertentu dan kolektif. Sistem seperti ini akan meminimalisir terjadinya antrian pemohon di Kantor Imigrasi guna meminimalisir  terjadinya kerumunan.

Bertempat di Desa Prafi Mulya SP 1, Distrik Prafi Kabupaten Manokwari ,  kegiatan pelayanan Eazy Pasport terlaksana berkat sinergitas  antara Kanim Kelas II Non TPI Manokwari dengan PT. Utama Unggul. Sebagai agen perjalanan, PT. Utama Unggul merasa terbantu dengan adanya layanan Eazy Pasport terutama dalam mempersiapkan dokumen perjalanan pagi masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan untuk ibadah umroh.

Dalam memberikan layanan Eazy Pasport, petugas dari Kanim Kelas II Non TPI Manokwari tetap menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, penyediaan hand sanitizer dan menjaga jarak dalam melakukan pelayanan pembuatan passport.

Melaksanakan fungsi pemantauan dan pengendalian, Divisi Keimigrasian turut mempunyai andil dalam mensukseskan pelaksaan Eazy Pasport di wilayah Papua Barat. Maka pada kesempatan ini, selain Kepala Divisi Keimigrasian hadir pula Kepala Bidang INTELDAKIM, Buono Adi Sucipto, dan Kepala Subbidang Perizinan Keimigrasian, Robby Sastra. Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan apakah pelaksaan layanan Eazy Pasport yang dilakukan oleh Kanim Kelas II Non TPI Manokwari sudah sesuai dengan prosedur termasuk dalam menerapkan protokol kesehatan.

 

WhatsApp Image 2021 09 14 at 13.30.52

 

WhatsApp Image 2021 09 14 at 13.30.52

Cetak