KAKANWIL KEMEKUMHAM PABAR MEMBUKA SECARA LANGSUNG KEGIATAN BIMBINGAN KEMANDIRIAN DAN KEPRIBADIAN KLIEN BAPAS MANOKWARI

PEMBUKAAN PEMBINAAN KLIEN BAPAS MANOKWARI

Manokwari, 13/10/2021 - Dalam rangka meningkatkan kemandirian terhadap Klien, Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Manokwari melaksanakan Program Kegiatan Pembinaan Kemandirian melalui Kegiatan Bimbingan Kemandirian dan Kepribadian Klien Bapas Manokwari.

Dengan didampinggi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, (Masjuno) serta Ka.Bapas Manokwari, (Zainudin), Kegiatan yang digelar di Bapas Manokwari tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, (Slamet Prihantara).

Turut hadir stakeholder terkait di wilayah Manokwari yang diundang guna memberikan materi bimbingan kepada klien Bapas yakni dari Yayasan Bantuan Hukum Indonesia, Direktur Bentara Papua, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

Dalam sambutan pembuka Kakanwil menyampaikan bahwa Bapas mempunyai peran penting dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakatan yang berhadapan langsung dengan hukum.

Kakanwil menjelaskan bahwa Sistem Pemasyarakatan merupakan satu rangkaian kesatuan penegakan hukum pidana, oleh karena itu pelaksanaannya tidak dapat dipisahkan dari pengembangan konsepsi umum mengenai pemidanaan.

Lebih lanjut beliau juga menjelaskan terkait tugas pembinaan yang dilakukan Bapas yaitu Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan seperti yang telah diamanatkan dalam pasal 5 dan 6 UU No 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, Kakanwil menjelaskan dalam pelaksanaan pasal tersebut khususnya Pembinaan maupun Pembimbingan dalam Proses pemasyarakatan tentu saja membutuh peran serta dari berbagai pihak (Stakholder lainya).

“Karena nanti dalam Proses pemasyarakatan itu banyak sekali prosesnya sehingga tanpa adanya dukungan dari Stakholder lainya proses ini tidak akan berjalan sesuai dengan harapan undang-undang”, terang Kakanwil.

Dengan hadir para stakeholder terkait Kakanwil berharap  Pembimbingan yang akan dilakukan kepada para Klien Pemasyarakatan Bapas Manokwari dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“siapa lagi yang akan memperhatikan saudara-saudari kita (WBP) kalau bukan kita, semoga ini menjadi ladang amal bagi kita semua”. Ucap Kakanwil.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

Cetak