LEGAL EXPO 2021, KANWIL KEMENKUMHAM PABAR WUJUDKAN PELAYANAN YANG DEKAT DENGAN MASYARAKAT

WhatsApp Image 2021 10 25 at 21.14.26

 

Manokwari – Dalam memperingati Hari Karya Darma Dhika (HDKD) Tahun 2021, Kementerian Hukum dan HAM  kembali mengadakan Legal Expo. Setelah sebelumnya dibuka oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Cahyo R. Muzhar, giat Legal Expo resmi digelar secara serentak DI seluruh Indonesia. Pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Papua Barat  kegiaatan Legal Expo dilaksanakan  di Manokwari City Mall, Senin ( 25/10).

Legal expo sendiri merupakan pameran layanan publik yang rutin digelar menjelang hari puncak perayaan HDKD. Tujuan digelarnya kegiatan ini sebagai langkah untuk mendekatkan pelayanan yang ada di Kantor Wilayah kepada masyarakat  yang ada di Manokwari dan sekitarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Slamet Prihantara saat meninjau pelaksaan Legal Expo ini  menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan suatu wadah unjuk kinerja, inovasi pelayanan kepada masyarakat.

“kami Kanwil Kemenkumham Papua Barat mengelar beberapa kegiatan di bulan Oktober salah satunya legal expo ini yang terjalin berkat kerjasama dengan pihak Hadi Mall untuk memberikan layanan langsung kepada masyarakat” ujar Slamet Prihantara.

Dilanjutkan oleh Slamet Prihantara, secara teknis pelayanan yang akan diberikan pada Legal Expo ini ada beberapa bentuk layanan dari  setiap Divisi. Mulai dari Divisi Keimigrasian yang memberikan pelayanan dalam hal pengurusan passport dan segala hal yang berkaitan dengan keimigrasian. Sementara itu dari Divisi Pelayanan Hukum dan HAM memperkenalkan layanan yang ada seperti layanan Bantuan Hukum Gratis bagi masyarakat yang tidak mampu, layanan HAM, hingga memperkenalkan layanan baru di tahun 2021 yaitu Pendirian Perseoran Perorangan.  

Saat diwawancarai oleh awak media, Kakanwil juga tidak lupa memperkenalkan layanan dan hasil karya dari Divisi Pemasyarakatan.

“ Dikesepatan ini kita bisa melihat beragam hasil karya dari Warga Binaan Pemasyarakatan yang artinya mereka tidak hanya menghabiskan waktu di Lembaga Pemasyarakatan tetapi mereka diberikan bimbingan kemandirian dan kepribadian”. Tutur Kakanwil.

Legal Expo ini menjadi salah ajang untuk mempublikasikan karya dari Warga Binaan agar mendapat perhatian dari masyarkakat.

Gelaran semacam ini dapat menjadi solusi dalam menghadapi kejenuhan publik terhadap pelayanan dan penyampaian informasi hukum dan HAM yang bersifat kaku dan formal. Legal Expo sebagai jawaban bagi masyarakat yang merasakan persoalan hukum dan HAM masih amat jauh untuk direngkuh. Mengadirkan pelayanan yang luwes seperti ini tentu akan mengikis jarak dengan masyarakat yang dilayani.

Kakanwil Slamet Prihantara berharap kepada seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat untuk terus konsisten memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi dan memperoleh pelayan Hukum dan HAM, dapat berkunjung ke gelaran Legal Expo di Manokwari City Mall yang belangsung pada 25 dan 26 Oktober 2021.

 

WhatsApp Image 2021 10 25 at 18.55.01

WhatsApp Image 2021 10 25 at 21.13.22 9

 

WhatsApp Image 2021 10 25 at 21.13.22 4


Cetak   E-mail