SERTIJAB KALAPAS KAIMANA, KADIV PAS: INOVASI ADALAH JAWABAN TANTANGAN PERUBAHAN ORGANISASI YANG BERUNJUNG PADA PELAYANAN MASYARAKAT

SERTIJAB KALAPAS KAIMANA

Manokwari, (28/10/2021) - Selama lebih kurang empat tahun mengabdi dan memimpin Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kaimana, Manuel Yenusi secara resmi menyerahkan jabatannya lamanya sebagai Kalapas kepada Hamka Abadullah sebagai Kalapas baru di Lapas Kaimana melalui Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dilangsungkan di Aula Lapas Kaimana siang tadi.

Mewakili Kepala Kantor Wilayah Proses sertijab tersebut disaksikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, (Masjuno) juga Kabid Pembinaan, Bimbingan dan TI (Jevius J. Siaten) serta para Ka.Satker secara virtul dari Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat (Manokwari).

Usai melakukan Proses Sertijab tersebut, Manuel Yenusi dalam sambutannya sebagai kalapas lama menyampaikan ucapkan terima kasih kepada seluruh jajarannya di Lapas Kaimana atas kerja sama selama beliau menjabat juga sekaligus beliau sampikan perminta maaf nya bila selama masa kepemimpinan terdapat kesalahan maupun kekurangan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat structural dan bapak/ibu maupun Warga Binaan atas kerjasamanya selama saya bertugas di Lapas Kaimana. Mungkin selama ini ada kesalahan yang saya buat saya mohon maaf ” Ucap Manuel Yenusi.

Suka duka selama kepimimpian di lapas kaimana juga turut beliau sampaikan dalam kesempatan itu, kepada Kalapas baru, Yenusi juga menuturkan bahwa seluruh jajarannya di Lapas kaimana sangat ramah kepada pimpinan meskipun ada juga yang tidak demikian, ia berharap Kalapas baru dapat memberikan pembinaan juga pengarahan kepada jajaran di Lapas kaimana demi kemajuan Lapas kaimana yang semakin maju.
Dalam kesempatan itu sebagai Kalapas yang baru, (Hamka Abadullah) mengungkapkan bahwa ia akan berusaha semaksimal mungkin memimpin Lapas kaimana kearah perubahan yang semakin maju.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas), Masjuno dalam kesempatan itu mewakili Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) serta seluruh Jajaran Kemenkumham Papua Barat lebih khususnya pada Divisi Pemasyakatan menyampaikan Apresia yang sebesarbesarnya kepada Kalapas lama atas Kinerja dan Pengabdiannya selama lebih kurang empat Tahun memimpin Lapas Kaimana. Kepada Kalapas lama maupun lama Kadiv Pas menuturkan bahwa pergantian/ perubahan merupakan suatu hal yang pasti terjadi.

“Pergantian kepimimpinan tentu saja harus kita sikapi sebagai sebuah dinamika organisasi terutama di Lapas Kelas III Kaimana”. Ucap Kadiv Pas.

Lebih lanjut Kadiv Pas menyampaikan bahwa adanya pergantian ini diharapkan adanya perubahan maupun inovasi-inovasi baru yang terus ditingkatkan guna kemajuan Lapas Kaimana yang semakin maju.
“Perubahan yang dimaksud tidak harus mendowngrade yang sudah ada, perubahan jaminannya adalah kearah kebaikan. Jadi yang baik tingkatkan, yang kurang baik tiadakan” Tandasnya.

Ciptakan inovasi-inovasi baru karena kalau kita antipati terhadap perubahan maka kita akan stack bahkan cenderung tertinggal/ alami kemunduran, oleh karena itu Inovasi adalah jawabannya untuk menjawab tantangan perubahan organisasi yang berunjung pada pelayanan masyarakat”. Lanjut Kadiv Pas sebelum mengakhiri sambutannya.

Adapun Kalapas Kaimana yang baru yakni (Hamka Abadullah) sebelum menjabat sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan pada Lapas Kelas IIA Abepura, Jayapura. Sementara Kalapas Kaimana lama yakni (Manuel Yenusi) diamanatkan menjabat sebagai Kalapas baru pada salasatu Jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Papua yakni Lapas Kelas IIA Nabire.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)


Cetak   E-mail