MATANGKAN PENYUSUNAN KEBUTUHAN ANGGARAN TA 2023, KANWIL KEMENKUMHAM PABAR SOSIALISASIKAN APLIKASI ‘ASIKAN’

WhatsApp Image 2021 11 09 at 14.57

 

Manokwari - Sub Bagian Program dan Pelaporan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat menggelar sosialisasi persiapan pelaksanaan Analisis Kebutuhan Anggaran Tahun Anggaran 2023 melalui Aplikasi Analisis Kebutuhan Anggaran (ASIKAN), Selasa (09/11). Bertempat di Aula II Kanwil, kegiatan ini diikuti oleh para Penangungjawab dan Operator RKA-K/L dari setiap Divisi di Kantor Wilayah dan  Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian dan Pemasyarakatan di Papua Barat baik secara langsung maupun virtual.

Sosialisasi dibuka dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Kepala Bagian Program & Hubungan Masyarakat, Syaaltiel Biantong. Dalam laporannya, disampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ter

sebut sebagai tindak lanjut dari kegiatan Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Analisis Kebutuhan Anggaran TA 2023 yang sebelumnya telah diselenggarakan oleh Biro Perencanaan Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Terwujudnya pelaksanaan Program dan Pelaporan yang terintegrasi, akuntabel, transparan, tepat sasaran dan tepat waktu. Tersusunnya kebutuan alokasi sumber daya anggaran yang lebih efisien, meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran dan untuk lebih fokus terhadap pilihan kebijakan prioritas serta tersusunnya RKA Kebutuhan anggaran dan data dukung yang diperlukan sebagai patokan dalam Analisis Kebutuhan Anggaran TA 2023” jelas Syaaltiel Biantong.

Sementara itu Kepala Divisi Administrasi, Piet Bukorsyom dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegitan berujar bahwa kegiatan tersebut penting sebagai upaya  membuat perencanaan yang terarah dan penyerapan anggarakan yang optimal.

“Meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam Melaksanakan Renja (Rencana Kerja) yang tertuang dalam Petunjuk Pelaksanaan DIPA tahun 2021, Disbursement Plan ( Rencana Penyerapan Anggaran), Procuretment Plan (Rencana Pengadaan barang & Jasa), dan Kelender Kerja dalam rangka mewujudkan pelaksanaan kegiatan yang terarah, tepat sasaran dalam pelaksanaan serta terlaksananya penyerapan anggaran yang optimal mulai dari tahapan perencanaan sampai pelaksanaan kegiatan dan pelaporan keuangan” ujar Piet Bukorsyom.

Kepala Divisi Administrasi juga berharap peran aktif dari pimpinan dari setiap UPT dalam perencanaan dan penganggaran agar lebih efisien serta efektif karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan prioritas masing-masing satuan kerja.

Kepada para Operator yang hadir, Piet Bukorsyom berharap banyak kepada mereka agar dapat menyusun pagu kebutuhan anggaran dengan loyalitas yang tinggi, menyusun dengan baik, teliti sesuai petunjuk yang ada dan juga dapat menyiapkan serta menyelesaikan semua data dukung yang diminta sebelum batas akhir pengisian dan pengumpulan ke unit Eselon 1(satu).

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi Penyusun Rencana Kerja dan Anggaran  dengan memberikan tutorial melalui video mulai dari login melalui website www.asikan.kemenkumham.go.id, pengisian dan penyimpanan usulan yang sudah ditambahkan.

 

WhatsApp Image 2021 11 09 at 14.57.06 1

 

WhatsApp Image 2021 11 09 at 15.00.49 1

 


Cetak   E-mail