PELAKSANAAN SKB KESAMAPTAAN CPNS DAN CATAR HARI KEDUA, OMBUDSMAN PAPUA BARAT TERUS MENGAWASI

Kesamaptaan1

Manokwari – Memasuki hari kedua pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kesamaptaan Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Khusus SLTA/sederajat dan Calon Taruna/Taruni (Catar) Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) Formasi Tahun 2021 di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Papua Barat di awasi langsung oleh Ombudsman RI perwakilan Papua Barat. Pengawasan ini di lakukan untuk memastikan bahwa setiap komponen dan prosedur tes di lakukan secara menyeluruh serta untuk memastikan tes di lakukan transparan dan adil.

Mengawali kegiatan, Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim), Pallawarukka selaku Koordinator Kesamaptaan kembali mengingatkan kepada peserta seperti halnya pada arahan pada hari pertama bahwa seleksi ini merupakan salah satu bentuk seleksi dengan point nilai tertinggi sehingga menjadi salah satu penentu kelulusan dan terkait tinggi badan, panitia hanya melakukan pengukuran sedangkan hasilnya menjadi keputusan panitia pusat.

Berbeda dengan hari sebelumnya yang sempat diguyur hujan, cuaca panas hari ini (25/11) menyebabkan para peserta bertarung di cuaca yang sangat terik tetapi bukan penghalang yang menyurutkan semangat peserta dan panitia. Setiap peserta tetap harus melewati berbagai tes yang di sediakan. Tahapan pertama biasa di sebut Kesamaptaan A yang terdiri dari : Lari selama 12 menit menggunakan panjang lintasan 460 meter. Setelah itu, di lanjutkan dengan Kesamaptaan B seperti : Sit Up 1 menit, Push Up maksimal 1 menit, dan Shuttle Run maksimal 16 detik serta Push Up maksimal 1 menit bagi Pria dan Channing (Modifikasi Pull Up) maksimal 1 menit bagi Wanita.

Berdasarkan jadwal sebanyak 75 CPNS dan 9 Catar yang akan mengikuti kegiatan SKB Kesamaptasan di hari kedua pelaksanaan ini, namun sebanyak 4 CPNS tidak hadir dan langsung dinyatakan gugur dalam penilaian Kesamaptaan.

Selanjutnya, demi mewujudkan transparansi data hasil pelaksanaan SKB Kesamaptaan panitia penerimaan menampilkan nilai akhir secara langsung di hadapan seluruh peserta, tim panitia pusat perwakilan dari Biro Kepegawaian dan tim dari Ombudsman RI perwakilan Papua Barat.

Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim), Pallawarukka, Kepala Divisi Administrasi(Kadivmin), Piet Bukorsyom, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Masjuno bersama tim panitia pusat dari Biro Kepegawaian tampak terus meninjau langsung jalannya pelaksanaan kegiatan Tes Kesamaptaan ini sampai dengan selesainya. (Dok/Foto : Humas)

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah).

gabungan

Kesamaptaan8

 


Cetak   E-mail