JADI NARASUMBER DI BKOW, KAKANWIL: LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN MEMPUNYAI HAK DAN KEWAJIBAN YANG SAMA MENDAPATKAN PELAYANAN HUKUM DAN HAM

1

Manokwari (02/12/2021) - Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Papua Barat, siang tadi secara daring telah melaksanakan sosialisasi mewujudkan kapasitas dan HAM perempuan di Provinsi Papua Barat yang melibatkan beberapa narasumber.

Salah satu narasumber yang dihadirkan BKOW Papua Barat, yakni Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Slamet Prihantara.

Dalam memberikan memberikan perlindungan dan penghormatan HAM bagi perempuan, Kakanwil mengungkapkan bahwa pemerintah telah membuat sejumlah dasar hukum sehingga persoalan yang kerap kali terjadi dan menimpa perempuan seperti KDRT, kekerasan seksual terhadap anak/remaja putri dan hak dalam pertisipasi politik dan pengambilan keputusan dapat diakomodir.

"Ketika berbicara soal pelayan hukum dan HAM, ini tanpa terkecuali baik itu laki-laki maupun perempuan mempunyai hak yang sama, kewajiban yang sama untuk mendapat pelayanan hukum dan HAM", ungkap Kakanwil.

Untuk Kementerian Hukum dan HAM, beliau menjelaskan perlindungan dan penghormatan HAM bagi perempuan telah tertuang di dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 22 Tahun 2021 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM, dimana peraturan menteri ini telah dijalankan oleh Kanwil Kemenkumham Papua Barat dibeberapa kota/kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat.

Mengakhiri pemaparannya, beliau berharap BKOW Papua Barat dapat mendorong Perempuan di Provinsi Papua Barat untuk dapat berperan secara aktif dan terlibat dalam berbagai bidang, seperti sosial, politik, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sebagai informasi, berdasarkan data IPG (Indeks Pemberdayaan Perempuan) yang dijadikan sebagai salah satu indikator untuk mengukur terlaksananya keadilan dan kesetaraan gender berdasarkan partisipasi politik dan pengambilan keputusan yang dilihat dari proporsi laki-laki dan perempuan berada pada posisi terendah dengan nilai 61, 52 jika dibanding dengan Provinsi Kalimantan Tengah dengan nilai tertinggi 82, 40.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2

3


Cetak   E-mail