MENKUMHAM APRESIASI CAPAIAN KINERJA JAJARAN IMIGRASI PADA HBI KE-71

foto 1 min

 

Manokwari (26/1/2021) – Perjalanan panjang telah dilalui oleh Imigrasi. Beragam tantangan dan rintangan sebagai penjaga gerbang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan sebagai garda terdepan dalam mengawal keluar masuknya Warga Negara Asing (WNA) di Indonesia telah dilewati. Semangat kebersamaan yang terbangun diantara insan Imigrasi menjadi energi yang mengkukuhkan Imigrasi hingga menginjak usia ke-71 tahun.

Diselimuti rasa syukur, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Imigrasi menggadakan Upacara Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-71 yang dilaksanakan pada selasa (26/1).

Upacara berpusat di Jakarta yang kemudian direlay secara virtual melalui aplikasi zoom sehinggap dapat diikuti oleh setiap insan Imigrasi yang ada di Indonesia, tidak terkecuali Pimpinan Tinggi Pratama pada Kantor Wilayah Papua Barat, Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Non TPI Manokwari beserta jajaran, Plt. Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Sorong, Forkopimda, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis yang ada di Manokwari.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H. Laoly bertindak sebagai Inspektur Upacara dan sekaligus menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya, Yasonna H. Laoly mengapresasi capaian kinerja yang telah diraih dalam bidang keimigrasian sepanjang tahun 2020. Banyak capaian yang harus disyukuri mengingat kondisi yang sulit terutama dalam menghadapi isu kolektif yaitu dengan merebaknya wabah Covid- 19.

Beberapa pencapaian yang disampaikan diantaranya Layanan Penerbitan Dokumen Perjalanan berupa Paspor sebanyak 1.277.174 (satu juta dua ratus tujuh puluh tujuh ribu seratus tujuh puluh empat) Paspor. “Perlu juga disampaikan bahwa terdapat 8.607 (delapan ribu enam ratus tujuh) buku paspor dikeluarkan dengan mengakses layanan Eazy Paspor” jelas Yasonna.

Kemudian Yasonna juga mengapresiasi capaian  kinerja yang lain seperti pemeriksaan perlintasan orang pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), penerbitan 148.311 Visa bagi WNA yang akan masuk ke Indonesia, penerbitan 258.340 Izin Tinggal bagi WNA, dan capaian kinerja lainnya.

Yasonna tidak lupa berpesan kepada seluruh Insan Imigrasi untuk mewujudkan visi Indonesia Maju. “Indonesia Maju merupakan pondasi kinerja yang mengharuskan Direktorat Jenderal Imigrasi dan seluruh Insan Imigrasi dapat mewujudkan kepastian dalam menghadirkan layanan serta pemanfaatan inovasi dalam pelaksanaan fungsi layanan keimigrasian” sampainya.

Sementara itu, hadir dalam upacara secara virtual Kepala Kanwil Papua Barat, Slamet Prihantara yang juga memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Slamet Prihantara memberikan ucapan selamat atas terselengaranya HBI ke-71. Hal ini terasa lebih sempurna karena dua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Imigrasi yaitu Kanim Kelas II Non TPI Manokwari dan Kanim Kelas II TPI Sorong mendapatkan predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) pada tahun 2020.

Slamet Prihantara juga menaruh harapan semoga di tahun 2021 capaian tersebut dapat ditingkatkan lagi sehingga dapat menyabet predikat  Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Diakhir upacara diadakan pemotongan tumpeng oleh Slamet Prihantara serta penyerahan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah mendidikasikan diri dan bekerja sama dengan Kanim Kelas II Non TPI Manokwari tahun 2020.

 

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT “PASTI BISA” (Berwibawa, Inspiratif, Santun, dan Amanah)

 

foto 2 min


Cetak   E-mail