GANDENG BPKP KANWIL KEMENKUMHAM PABAR GELAR SOSIALISASI SPIP DAN MANAJEMEN RISIKO TAHUN 2021

WhatsApp Image 2021 03 15 at 16.04.57 6

 

Manokwari (15/03/2021)- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua Barat menggelar Sosialisasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan (SPIP) dan Manajemen Risiko (MR) tahun anggaran 2021 yang diikuti oleh para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas, Kepala Unit Pelaksana Teknis, Pejabat Struktural dan Pengelola Keuangan⁣ Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM se-Wilayah Papua Barat, Senin (15/03). Selain diikuti secara langsung sosialisasi ini juga dapat diikuti secara daring melalui zoom meting dari setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) masing masing.

Kegiatan  ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah kementerian Hukum dan HAM (kakanwil kemenkumham) Papua Barat, Slamet Prihantara. Serta menghadirkan narasumber dari Inspektorat Jenderal dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan  (BPKP) Provinsi Papua Barat.

sebelum membuka sosialisasi yg terpusat di aula II Kanwil Kemenkumham Papua Barat ini, Slamet Prihantara memberikan pemahaman bahwa untuk mewujudkan tata kelola Kemenkumham yang sehat, diperlukan penerapan pelaporan suatu sistem pengendalian intern pemerintah dalam upaya meningkatkan pemantauan dan evaluasi atas tercapainya tujuan organisasi melalui Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

"Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, yang selanjutnya disingkat SPIP adalah Sistem Pengendalian Intern yang diselenggarakan secara menyeluruh terhadap proses perancangan dan pelaksanaan kebijakan, perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan anggaran di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Penyelenggaraan SPIP dalam Kementerian Hukum dan HAM di atur dalam Permenkumham nomor 33 Tahun 2013" Papar Slamet Prihantara.

Kemudian menurutnya, yang dimaksudkan dengan  pengawasan intern yaitu semua rangkaian proses audit, review, evaluasi dan pengawasan terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam upaya meyakinkan bahwa setiap kegiatan telah dilaksanakan mencapai tolak ukur secara efektif dan efisien dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Selain itu yang tidak kalah penting dalam mendukung efektifitas pelaksaan tugas dan fungsi organisasi dalam mencapai tujuan yaitu adanya pengelolaan manajemen resiko sebagai proses lanjutan dari pencapaian maturinitas SPIP.

“SPIP bukan hanya menekankan pada sisi administrasi, akan tetapi perlu adanya perubahan perilaku dalam komitmen perilaku untuk Pengendalian Intern, Manajemen serta Informasi baik Pengamanan aset negara dan Peraturan Perundang – Undangan” tegas Slamet Prihantara

Lalu beliau menambahkan meski saat ini tingkat maturinitas SPIP Kemenkumham sudah berada pada level 3 yang terdefinisi telah melaksanakan praktik pengendalian intern, namun pengendalian dan pengawasan harus pula dibarengi dengan pendokumentasian yang memadai untuk menunjukan eksistensi dalam beraktifitas untuk penghidupan yang lebih baik.

Diakhir sambutannya tersemat harapan bahwa kegiatan ini akan  memberikan dan menambah pemahaman para pegawai menggenai manajemen resiko dalam organisasi.

Dengan adanya kegiatan ini (Sosialisasi SPIP dan Manajemen Risiko) diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada seluruh peserta dan juga ASN dilingkungan Kantor Kementerian Hukum dan HAM Papua barat terhadap pentingnya penerapan manajemen risiko didalam pelaksaan kegiatan, karena dengan manajemen risiko yang baik diharapkan dapat meniminalisir kesalahan secara dini. Bagi peserta semoga dapat menerapkan  apa yang yang dipeoleh melalui kegiatan pada hari ini di unit kerja masing-masing untuk menciptakan good Governance dalam membantu Kemenkumham sehingga level tingkat matuitas dapat naik ke level 4” tutupnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan pemapaparan materi dari para narasumber baik dari BPKP Papua Barat yang diwakili oleh Abdul Mukti dan dari Inspektorat Jenderal yang memaparkan secara lebih rinci dan gamblang bagaimana SPIP dan Manajemen Risiko dapat diterapkan. Para peserta yang hadir langsung dan yang mengikuti secara cermat memperhatikan setiap butir yang dijelaskan oleh para narasumber.

 

WhatsApp Image 2021 03 15 at 16.05.28

WhatsApp Image 2021 03 15 at 16.05.28

WhatsApp Image 2021 03 15 at 16.05.28

WhatsApp Image 2021 03 15 at 16.05.28

Cetak