KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT IKUTI PEMBUKAAN PEMBAHASAN PAGU MINUS BELANJA PEGAWAI DITJEN PEMASYARAKATAN TAHUN 2021 SECARA DARING

1

Manokwari (07/12/2021) - Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Piet Bukorsyom bersama Kasubag Pengelolaan Keuangan dan BMN, Andriani Gani Balanehu serta beberapa Pengelola Keuangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat.

Siang tadi mengikuti Pembukaan Pembahasan Pagu Minus Belanja Pegawai di Lingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Tahun 2021 secara daring melalui zoom meeting dari Aula II. Selain diikuti oleh pengelola keuangan Kanwil Kemenkumham Papua Barat, kegiatan ini juga diikuti secara daring oleh UPT Pemasyarakatan dan Kantor Wilayah lainnya.

kegiatan diawali dengan penyampaian Laporan Kegiatan yang dibacakan oleh Kasubag Pelaksanaan Anggaran Direktorat Pemasyarakatan, Fransiskus Alimin. Adapun tujuan dan maksud pembahasan pagu minus kali ini yaitu untuk memberikan arahan terhadap penyelesaian Pagu Minus Belanja Pegawai Satuan Kerja pada Ditjen Pemasyarakatan melalui revisi-revisi anggaran antara satker, wilayah yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kegiatan yang dipusatkan di Wisma Pengayoman tersebut, dibuka secara langsung oleh Sekretaris Jenderal Pemasyarakatan yang diwakili oleh Kepala Bagian Keuangan, Robiana Surya Jatmika. Dalam sambutannya, Robiana memaparkan Realisasi Anggaran Program Unit Eselon I dan Kantor Wilayah Tahun Anggaran 2021 per tanggal 06 Desember 2021 yang diakses dari OMSPAN Kementerian Keuangan (www.spanint.kemenkeu.go.id).

Berdasarkan data diperoleh, untuk Program Unit Eselon I, realisasi anggaran pada Ditjen Pemasyarakatan telah mencapai 91,24 persen dan realisasi belanja pegawainya telah mencapai 99 persen. Sedangkan pada tingkat satuan kerja, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat realisasi anggaran telah mencapai 86,14 persen dan realisasi belanja pegawai mencapai 98,31 persen.

Dalam memberikan materi kepada peserta yang hadir secara langsung maupun daring, Ditjen Pemasyarakatan menghadirkan 4 orang narasumber dari Kementerian Keuangan RI, yakni Edy Sudarto dan Haryono dari DJA serta Lely Yalestiarini dan Priyo Arief Wicaksono dari DJPB. Materi yang dipaparkan oleh narasumber yaitu Evaluasi Penganggaran dan Usul Revisi Pagu Minus Tahun 2021 serta Langkah-Langkah Strategis Penyelesaian Pagu Minus 2021.

Diharapkan melalui Pembahasan Pagu Minus Belanja Pegawai di Lingkungan Ditjen Pemasyarakatan Tahun Anggaran 2021, realisasi anggaran satker pada Ditjen Pemasyarakatan dapat tercapai maksimal.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2

3

4

5

7

 


Cetak   E-mail