PERINGATAN HARI HAK ASASI MANUSIA SEDUNIA KE-73 JADI MOMENTUM MEMBANGUN SOLIDARITAS DITENGAH PANDEMI

WhatsApp Image 2021 12 10 at 19.22.31 3

 

Manokwari -   Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Papua Barat, Slamet Prihantara dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Alex Cosmas Pinem yang didampingi oleh Kepala Bidang HAM, Aloysius Y. Fernandez menghadiri Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-73 Tahun 2021 secara virtual, Jum’at (10/12). Kegiatan ini dipusatkan di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM RI.

Hari peringatan yang jatuh setiap tanggal 10 desember tersebut, pada tahun 2021 ini mengusung tema Equality - Reducing Inequalities, Advancing Human Rights” yang merupakan turunan dari Pasal 1 Deklarasi Umum Hak Asasi Manusia (DUHAM) yang menyatakan bahwa semua orang dilahirkan merdeka mempunyai hak dan martabat yang sama.

Dalam laporannya, Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi menyampaikan bahwa sampai \saat ini, Kemenkumham terus konsisten berupaya memberikan pemenuhan HAM dalam memberikan pelayanan kepada publik. dimana hal ini ditandai dengan penyerahan penghargaan kepada 508 Unit Pelayaksana Teknis pada jajaran Keimigrasian dan Pemasyarakatan yang telah berhasil menyelenggarakan pelayanan publik berbasis HAM. Selain itu diserahkan pula penghargaan kepada 3 (tiga) orang Gubernur atas implementasi Pelayanan Publik Berbasis HAM, serta kepada 3 Kepala Kantor Wilayah.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly ketika menyampaikan sambutannya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh Pemerintah Pusat dan Daerah, Jajaran Kemenkumham dan masyarakat diseluruh Indonesia yang telah meluangkan waktu memperingati hari HAM sedunia ini. Terutama di tengah Pandemi Covid-19 seperti saat ini dimana potensi ketidaksetaraan itu terasa lebih nyata.

“Dimana hampir seluruh kawasan dunia menghadapi dan mengalami ancaman krisis yang dampaknya menimbulkan potensi ketidaksetaraan akibat terdampak pandemi COVID-19," sampai Yasonna H. Laoly.

Melanjutkan arahnnya, Yasonna H. Laoly menyaampaikan bahwa secara historis lahirnya Hak Asasi Manusia karena adanya ketidaksetaraan dan kesenjangan. Maka beliau mengharapkan peringatan Hari Hak Asasi Manusia tahun 2021 ini yang bertemakan kesederajatan, kesetaraan, dan persamaan hak, diharapkan akan menjadi momentum untuk membangun kembali solidaritas sosial masyarakat, solidaritas global antar bangsa terutama dalam menangulangi dampak Pandemi Covid-19.

Sementara itu di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, adapun Unit pelaksana Teknis yang memperoleh penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM yaitu Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Manokwari.  Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Alex Cosmas Pinem yang secara bserentak dilaksanakan pada setiap kantor wilayah.

 

WhatsApp Image 2021 12 10 at 19.22.31 4

WhatsApp Image 2021 12 10 at 17.02.10

 

WhatsApp Image 2021 12 10 at 19.22.31 1


Cetak   E-mail