KANWIL KEMENKUMHAM PABAR TURUT HADIRI SEMINAR DAN PELAUNCHINGAN BUKU SAKU

WhatsApp Image 2022 01 27 at 19.55.15

Manokwari, – Bertempat di Aula Kanwil jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat pada Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) mengikuti kegiatan seminar dan launching buku saku “Akomodasi yang Layak bagi Penyandang Disabilitas dalam Proses Peradilan Pidana”, yang digelar oleh Direktorat Jenderal HAM, Direktorat Instrumen HAM bekerjasama dengan Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Indonesia. Kamis, (27/01) siang tadi secara virtual via aplikasi Zoom.

Direktur Jendral Hak Asasi Manusia, (Mualimin Abdi) dalam sambutan pembuka kegiatan sekaligus melauncing secara resmi buku saku tersebut menyampaikan kegiatan  tersebut dilaksanakan sesuai mandat Pasal 36 ayat (2) Undang-Undang 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas telah membentuk Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak bagi Penyandang Disabilitas dalam Proses Peradilan.

Usai pelauncingan tersebut, kegiatan berlangsung dengan beberapa paparan materi dari narasumber yang telah diundang diantaranya dari Kemenkumham RI tentang Akses Keadilan dan Perlindungan Hukum bagi Penyandang Disabilitas berhadapan Hukum, Mahkamah Agung RI membahas tentang Aksesibilitas Peradilan bagi Penyandang Disabilitas berhadapan dengan hukum di Indonesia, Kejaksaan Agung RI tentang Sistem penuntutan yang aksesibil bagi Penyandang Disabilitas berhadapan dengan hukum, dan Kepolisian RI tentang Sistem Sidik Lidik yang aksesibel bagi Penyandang Disabilitas berhadapan dengan hukum serta penulis buku dengan moderator dari Anggota Ombudsman RI.

Adapun Buku saku ini disusun oleh SIGAB dan Organisasi Penyandang Disabilitas lainnya. Sebagai media advokasi dan panduan untuk mempermudah pelaksanaan Peraturan pemerintah bagi Aparat Penegak Hukum dalam penanganan penyandang disabilitas yang berhadapan dengan hukum.

Turut hadir mengikuti secara virtual dari Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat pada Bidang Pelayanan HAM yakni Kabid HAM, (Aloysius Fernandes), Kasubbid Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan HAM ,(Maria D. Satya) serta para staf JFU dan JFT Bidang HAM. (SRM)

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah).

WhatsApp Image 2022 01 27 at 13.00.06

WhatsApp Image 2022 01 27 at 13.00.03

WhatsApp Image 2022 01 27 at 13.00.05 2


Cetak   E-mail