KAKANWIL BUKA SECARA RESMI KEGIATAN BIMTEK PEMBINAAN KEMANDIRIAN BUDIDAYA TANAMAN JAGUNG DAN REHABILITASI SOSIAL NARKOTIKA BAGI WBP LAPAS MANOKWARI BEKERJASAMA DENGAN POLBANGTAN MANOKWARI DAN BNNP PAPUA BARAT

utama

Manokwari – Terobosan demi terobosan terus dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Manokwari (Lapas Manokwari) demi menyiapkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang Mandiri dan Produktif serta menjadi Lapas Produktif, salah satunya dengan digelarnya Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Kemandirian Budidaya Tanaman Jagung dan Rehabilitasi Sosial Nakotika bagi WBP Lapas Manokwari bekerjasama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari (Polbangtan Manokwari) dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP Papua Barat).

Kegiatan di laksanakan di Lahan praktik Kampus II Polbangtan Andai, Manokwari pagi ini (31/01/2022). Perlu di ketahui bahwa lokasi ini merupakan sarana asimilasi pertanian bagi WBP Lapas Manokwari

Kepala Lapas Kelas IIB Manokwari (Kalapas), Yulius Paath dalam Laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini ialah pemberian keterampilan bagi WBP sekaligus mencapai kemandirian khususnya di bidang pertanian. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan selama 6 hari (31 Januari – 5 Februari 2022) dengan narasumber dari polbangtan dan BPTP dan Jumlah WBP yang mengikuti kegiatan sebanyak 30 orang.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kalapas Manokwari, Kepala BNNP Papua barat dalam hal ini di wakili Kepala Bidang Rehabilitasi, Arianta Damanik dan Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta yang di saksikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Slamet Prihantara.

Setelah penandatanganan perjanjian kerjasama, kegiatan di lanjutkan dengan beberapa sambutan antara lain: sambutan dari Direktur Polbangtan Manokwari, beliau menyampaikan bahwa semoga dari kerja sama ini dapat mewujudkan target pemerintah yaitu terbentuknya 2,5 Juta Petani Pengusaha Milenial yang sebagiannya bersumber dari WBP Lapas Manokwari.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi, beliau menyampaikan kepada peserta kegiatan dalam hal ini WBP untuk dapat menggunakan kesempatan yang ada saat bimtek ini untuk dapat memperoleh bekal ilmu yang di berikan.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kakanwil Kemenkumham Papua Barat yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan Bimtek Pembinaan Kemandirian Budidaya Tanaman Jagung dan Rehabilitasi Sosial Nakotika bagi WBP Lapas Manokwari. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan kepada setiap WBP untuk dapat menjaga kepercayaan yang diberikan dalam menjalani Bimbingan Teknis ini serta dapat menerapkannya ilmu kelak serta siap kerja, dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri.

Selanjutnya, kegiatan di lanjutkan dengan penyematan kartu tanda peserta oleh Kakanwil, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Direktur Polbangtan Manokwari.

Turut hadir Plh. Kepala Divisi Pemasyarakatan, Yanu Haryadi dan Kepala Balai Pemastyarakatan, Mokhamad Iksan beserta Jajaran.(SRM)

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah).

utama3

utama4

utama2

Cetak