IKUTI WORKSHOP SPIP ITJEN, KANWIL KEMENKUMHAM PABAR OPTIMIS WUJUDKAN BIROKRASI BERSIH DARI KORUPSI

WhatsApp Image 2022 03 04 at 21.39.34

Manokwari - Penguatan pengawasan secara internal dan masive terus dilakukan oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), baik ditingkat pusat maupun wilayah.

Hal ini dibuktikan dengan telah dilaksanakannya Workshop Teknik Penilaian Mandiri dan Penjaminan Kualitas Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Kemenkumham, Jumat (04/03/2022).

Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Piet Bukorsyom, Kepala Bagian Program dan Humas (Kabag PH), Syaaltiel Biantong, Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan (Kasubag P2L), Yeti Maisaroh dan beserta staf P2L Kanwil Kemenkumham Papua Barat mengikuti workshop tersebut secara daring melalui zoom meeting bersama kanwil lainnya.

Inspektur Jenderal (Irjen), Razilu dalam sambutannya membeberkan bahwa fokus penilaian SPIP telah mengalami perubahan dengan telah dikeluarkannya Peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi.

Adapun fokus penilaiannya SPIP sebagaimana yang dimaksudkan oleh Irjen memiliki 4(empat) tujuan utama, diantaranya Efektivitas dan Efisiensi, Keandalan Pelaporan Keuangan dan Pengamanan Asset Negara serta Ketaatan terhadap Peraturan Perundang-undangan.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak signifikan bagi satuan kerja dalam mewujudkan komitmen Kemenkumham memerangi praktik korupsi.

"Ini diharapkan menjadi langkah awal Kementerian Hukum dan HAM dalam mengidentifikasi dan menilai kecukupan dalam pencegahan dan penanganan korupsi di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM sehingga dapat mengoptimalkan nilai Indeks Efektivitas Pencegahan Korupsi (IEPK)", harapnya.

"Kegiatan workshop ini penting bagi Koordinator Penilaian Mandiri, para Assesor setiap Unit Eselon I dan Assesor Unit Kerja Eselon II Mandiri yang akan menjadi satuan kerja sampel dalam memulai tahapan proses penilaian Penyelenggaraan SPIP di lingkungan Unit Kerjanya masing-masing",

"Serta kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi para Auditor dalam melakukan pendampingan oleh masing-masing Inspektorat Wilayah kepada Unit Kerja di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM", imbuhnya.

Sebagai narasumber yang dihadirkan oleh Itjen pada siang itu, Agus Sukiswo selaku Auditor Utama BPKP membahas beberapa agenda yakni Gambaran Umum SPIP Terintegrasi, Proses Bisnis Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi dan Rencana Timeline Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi Kemenkumham.(SRM)

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

WhatsApp Image 2022 03 04 at 17.15.04 4

WhatsApp Image 2022 03 04 at 17.15.04 6

WhatsApp Image 2022 03 04 at 17.15.04 17

WhatsApp Image 2022 03 04 at 10.52.17

WhatsApp Image 2022 03 04 at 21.50.42

WhatsApp Image 2022 03 04 at 17.15.04


Cetak   E-mail