KANWIL KEMENKUMHAM PABAR GELAR SOSIALISASI PENILAIAN MANDIRI MATURITAS SPIP TAHUN ANGGARAN 2022

Pink and Green Minimalist Thank You Card

 

Manokwari – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Papua Barat melalui Divisi Administrasi telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penilaian Mandiri Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Tahun 2022 di Aula Kantor Wilayah, Senin (01/08).

Digelar secara hibrid, kegiatan sosialisasi ini diawali dengan pembacaan laporan kegiatan oleh Kepala Bagian Program dan Humas, Syaaltiel Biantong, kemudian yang dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah yang dibacakan oleh Kepala Divisi Administrasi, Piet Bukorsyom yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan pada pagi itu.

Dalam sambutan Kakanwil, disebutkan bahwa SPIP merupakan sistem pengendalian intern yang diselenggarakan secara menyeluruh terhadap proses perancangan dan pelaksaan kebijakan, serta perencaan, penganggaran dan pelaksaan anggaran di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Pelaksaan SPIP sendiri tertuang dalam Permenkumhma Nomor 33 tahun 2013.

“Pengawasan Intern meliputi seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pegawasan lain terhadap penyelengaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolak ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien” ujar Kepala Divisi Administrasi.

Sebagai informasi disampaikan pula bahwa tingkat maturitas SPIP Kementerian Hukum dan HAM saat ini telah berada di level 3 “terdefinisi” yang artinya telah melaksanakan praktik pengendalian intern dan terdokumentasi dengan baik. Namun demikian, evaluasi terhadap pengendalian intern harus tetap dan terus dilakukan.

Dihadapan para peserta yang hadir langsung dan virtual, Piet Bukorsyom menyematkan harapan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman bagi para operator SPIP di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

“ Bagi para kiranya dapat memahami dan menyerap ilmu dari para narasumber dan dapat menerapkannya dalam unit kerja masing-masing untuk menciptakan good Government dan membantu kinerja kementerian sehingga level tingkat maturitas dapat naik ke level 4” harapnya.

Hadir pula dalam acara sosialisasi SPIP ini Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dannie Firmansyah, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Jonson Siagian, pejabat struktural dan para Operator SPIP dari berbagai Satuan Kerja Pemasyarakatan dan Keimigrasian di Papua Barat.  

Sementara itu dalam kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Papua barat, yang materi SPIP dipaparkan oleh Koordinator Pengawasan Bidang Program, Pelaporan, dan Pembinaan APIP (P3A), Robertus Gatot Megantoro. (SRM)

 

WhatsApp Image 2022 08 01 at 14.01.23

 

WhatsApp Image 2022 08 01 at 14.01.25 3

 

WhatsApp Image 2022 08 01 at 13.55.40 2

 

WhatsApp Image 2022 08 01 at 14.01.25 2


Cetak   E-mail