KEMENKUMHAM PAPUA BARAT LAKSANAKAN UPACARA HUT RI KE-77 " PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT"

WhatsApp Image 2022 08 17 at 08.53.14

Manokwari – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Papua Barat, Taufiqurrakhman yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Dannie Firmansyah), Kepala Divisi Imigrasi (Victor Manurung), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Jonson Siagian) beserta seluruh jajaran staf mengikuti Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-77, Rabu (17/08). Secara kompak menggenakan pakaian adat daerah bertempat di Lapangan Kantor Imigrasi Kelas I Manokwari.

Senada dengan para Pimpinan Tinggi Pratama seluruh Pejabat Struktural dan Pegawai turut serta hadir dan mengikuti dengan khidmat upacara tersebut. Beragam pakaian adat yang dikenakan oleh para peserta yang memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut menjadi warna sendiri dari semangat kesatuan dari Bhinnekaan.

Upacara bendera Peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun 2022 dilaksanakan 07:00 WIT. Seluruh pegawai Kemenkumham kanwil Papua Barat turut serta memberikan penghormatan kepada sang Saka Merah Putih saat dikibarkan.

Bentindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat yang dengan gagahnya mengenakan pakaian adat Papua. Jevius Jizreel Siathen sebagai Komandan Upacara, dan Syaaltiel Biantong sebagai Perwira Upacara.

Dalam amanat Inspektur upacara menyampaikan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly “Ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, Yang Maha Pengasih, atas limpahan kasih dan karunia-Nya, pada hari ini, dalam suasana kebersamaan kita dapat melaksanakan upacara bendera, pemberian penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada pegawai, dan pemberian remisi umum kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dalam rangka memperingati 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Upacara bendera ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih dan untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan. Dan yang tidak kalah pentingnya, upacara ini harus kita maknai sebagai penggugah semangat kebangsaan, cinta akan tanah air, dan komitmen bersama untuk membangun Indonesia Raya.

Dinamika waktu terus berjalan, selama kurun waktu dua tahun lebih kita telah melaksanakan upacara peringatan kemerdekaan RI dalam kondisi pandemi COVID-19. Namun, pada hari ini, puji Tuhan bahwa kita telah dapat melaksanakan upacara peringatan secara langsung dan serentak di seluruh Nusantara. Melalui kebersamaan, kita dapat saling menguatkan sehingga mampu untuk "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat."

Kementerian Hukum dan HAM memberikan remisi kepada 168.916 (seratus enam puluh delapan ribu sembilan ratus enam be/as) orang narapidana di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 166.191 (seratus enam puluh enam ribu seratus sembilan puluh satu) orang narapidana mendapatkan remisi umum I dan 2.725 (dua ribu tujuh ratus dua puluh lima) orang narapidana mendapatkan remisi umum II atau langsung bebas. Hal ini sebagai bentuk penghargaan kepada WBP yang telah mengikuti program pembinaan dengan baik serta telah memenuhi persyaratan sesuai peraturan perundang-undangan.

Menkumham RI menyampaikan Kembali pidato Presiden RI Bapak Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI pada tanggal 16 Agustus 2022 kemarin.

Esensinya, kita harus ingat, waspada, serta selalu cermat dalam bertindak. Kita juga harus selalu hati-hati dalam melangkah. Beliau menegaskan bahwa agenda besar bangsa tidak boleh berhenti, langkah­ langkah besar harus terus dilakukan dan ini perlu kita dukung bersama oleh seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM, antara lain sebagai berikut:

  • Mendukung program hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam;
  • Mendukung program optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau;
  • Mendukung program perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat;
  • Mendukung program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa segera naik kelas melalui digitalisasi, pendaftaran e-katalog pada pelaku UMKM, serta penggunaan Produk Dalam Negeri bagi lingkungan; dan
  • Mendukung sepenuhnya proses pembangunan lbu Kota Nusantara sekaligus juga mempersiapkan segala sesuatunya dalam rangka

Sebelum mengakhiri sambutan ini, perlu saya ingatkan dan tegaskan kembali kepada seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM, beberapa hal sebagai berikut:

  • Milikilah semangat juang para pahlawan yang terpatri dalam diri masing­ masing yakni nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, bekerja tanpa pamrih dan ikhlas, serta rela berkorban demi kemajuan Kementerian Hukum dan HAM;
  • Miliki pandangan dan pola pikir positif yang terwujud dalam sikap perilaku dan cara kerja yang berorientasi pada kemajuan, profesional, modern, dan humanis sehingga memiliki keunggulan kompetitif;
  • Memiliki optimisme dan sikap pantang menyerah pada masing-masing individu, sehingga terwujud lnsan Pengayoman yang percaya diri, tangguh, selalu bersemangat, dan siap dalam menghadapi berbagai tantangan tugas;
  • Mampu berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat dan mandiri dengan memaksimalkan penggunaan Produk Dalam Negeri di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, utamanya belanja barang dan modal yang bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN);
  • Semakin PASTI dan BerAKHLAK sehingga dapat mensukseskan program prioritas dan berkontribusi dalam pembangunan nasional sehingga dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia

Mengakhiri sambutan ini, mari kita semua mendoakan semoga negeri terindah Indonesia tercinta, wabil khusus keluarga besar Kementerian Hukum dan HAM diberikan kesehatan, kemudahan, dan kelancaran serta senantiasa berada di bawah perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa dalam melanjutkan pengabdian dan perjuangan mencapai tujuan negara”. (SRM)

KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

 

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.512

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.512

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.512

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.512

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.512

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.512

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.512

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.511

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.511

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.511

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.511

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.511

WhatsApp Image 2022 08 17 at 09.03.511


Cetak   E-mail