MELALUI PROPER PKN TINGKAT II, KADIV YANKUMHAM KANWIL KEMENKUMHAM PABAR RESMI BENTUK POBARA DI SALASATU GEREJA DI MANOKWARI

Pink and Green Minimalist Thank You Card 12

Manokwari, - Implementasi Proyek Perubahan (Proper) PKN Tingkat II Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadiv Yankumham) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Jonson Siagian resmi membentuk Pos Bantuan Hukum Gratis (POBARA) di salasatu Gereja di Kabupaten Manokwari yaitu Gereja GPI Jalan Suci Briosi. Minggu (20/11)

WhatsApp Image 2022 11 20 at 18.14.55

Diikuti oleh para Jemaat juga pengurus Gereja usai melangsung ibadah minggu pagi di Gereja GPI Jalan Suci Briosi, Kadiv Yankumham, Jonson Siagian dalam sambutannya  menerangkan bahwa Proper tersebut dilakukan dengan tujuan guna meningkatkan dan memperluas akses pelayanan bantuan hukum bagi masyarakat miskin melalui pembentukan di berbagai tempat baik di  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Gereja – Gereja.

WhatsApp Image 2022 11 20 at 18.07.45

“Pelayanan bantuan hukum melalui Pobara tersebut nantinya akan dilaksanakan oleh Organisasi Pemberi Bantuan Hukum yang telah terakreditasi oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat dan tentunya telah sesuai dengan standar layanan bantuan hukum dan tepat sasaran sebagaimana Permenkumham Nomor 4 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Bantuan Hukum”. Terang  Kadiv Yankumham, Jonson Siagian dalam sambutannya secara virtual via zoom meeting.

WhatsApp Image 2022 11 20 at 18.07.43

“Adapun layanan bantuan hukum yang dapat diberikan baik litigasi berupa proses penyidikan/gugatan, pengadilan baik tingkat pertama, banding, kasasi dan peninjauan kembali maupun non litigasi berupa mediasi, negosiasi, konsultasi hukum, investigasi kasus, pendampingan di luar pengadilan, penyuluhan hukum, pemberdayaan masyarakat, dan lainnya. Berbagai jenis macam bantuan hukum dapat Bapak/ Ibu dapatkan dengan syarat memenuhi persyaratan yang telah ditentukan yaitu KTP dan Surat Keterangan Tidak Mampu.” Lanjut Kadiv Yankumham.

WhatsApp Image 2022 11 20 at 18.07.41 1

Selain sambutan yang berisikan penjelasan singkat terkait Pobara, dalam kesemapatan itu kegiatan tersebut juga dilakukan dengan Sosialisasi dan diskusi lebih lanjut terkait Pobara. Turut hadir sebagai Narasumber yakni Kasubbid Pembentukan Produk Hukum Daerah, Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Hamid Badila serta Ketua/ Direktur Posbakum Adin Papua Barat, Ruben Sabami.

WhatsApp Image 2022 11 20 at 18.07.44

Selain dihadiri oleh Narasumber kegiatan tersebut juga turut di hadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan TI, Jevius J. Siathen juga para staf Yankumham Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

WhatsApp Image 2022 11 20 at 18.21.40WhatsApp Image 2022 11 20 at 18.21.40


Cetak   E-mail