KADIVMIN KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT HADIRI SOSIALISASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI PROVINSI PAPUA BARAT

1

Manokwari - Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Piet Bukorsyom menghadiri Sosialisasi Identitas Kependudukan Digital Kependudukan di Provinsi Papua Barat, Selasa (13/12) siang.

Kegiatan yang dihelat di Ruang Rapat Lt. 3 Kantor Gubernur Papua Barat tersebut, dibuka oleh Plh. Sekda Provinsi Papua Barat, Melkias Werinussa.

Dalam sambutannya, Plh. Sekda berharap melalui sosialisasi ini, Disdukcapil dapat menyediakan data kependudukan yang akurat, berkualitas, terpercaya dan bermanfaat bagi masyarakat di Papua Barat.

"Saya berharap agar Dinas Administrasi Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemerintah Provinsi Papua Barat terus semangat melakukan inovasi dalam menjalankan fungsi pembinaan yang berkelanjutan dan membangun hubungan yang sistematis dan koordinatif."

"Hal ini guna penyediaan data kependudukan yang akurat, berkualitas dan terpercaya sehingga pada saat data dimanfaat oleh berbagai pihak agar memberikan hasil yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Provinsi Papua Barat", harapnya.

"Mari dengan semangat kita bergandengan tangan, maju menerobos era digital demi kemajuan Papua Barat tercinta. Dukcapil Go Digital", tutupnya.

Selepas sambutan Plt. Sekda, sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan materi Pelayanan Publik Adminduk Identitas Kependudukan Digital di Dalam dan Luar Negeri oleh narasumber dari Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Selain sosialisasi, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Layanan Administrasi Kependudukan (LAK) Digital oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manokwari. Layanan tersebut juga akan dilaksanakan selama 3 hari mendatang di Kantor Gubernur Papua Barat bagi masyarakat.

Sebagai informasi, Identitas Kependudukan Digital (IKD) merupakan versi digital dari dokumen identitas yang dapat di akses secara online dengan cara mendownload aplikasi Identitas Kependudukan Digital pada google playstore.

IKD ini bertujuan untuk mempermudah verifikasi diri tanpa harus membawa KTP fisik, mempermudah pengaksesan pelayanan publik serta mempermudah mengakses data anggota keluarga.

Data yang dapat di akses dari aplikasi identitas digital, KTP Digital, Kartu Keluara Digital, Vaksin Covid-19, NPWP, Kepemilikan Kendaraan BKN dan Daftar Pemilih Tetap – 2024.

Dengan adanya IKD ini, maka tidak ada lagi pencetakan fisik e-KTP, tidak ada lagi masalah e-KTP Hilang Ketinggalan dan tidak ada lagi fotocopy e-KTP untuk mengakses pelayanan publik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari beberapa OPD terkait dan instansi vertikal di Manokwari.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2

3

4

5

6

7

8

9

13

10

11

 

 


Cetak   E-mail