BERI PENGUATAN TUSI PEMASYARAKATAN DI RUTAN BINTUNI, KAKANWIL: MARI MENJADI PETUGAS PEMASYARAKATAN YANG PROFESIONAL DAN MUMPUNI

1

Bintuni - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Taufiqurrakhman berkunjung ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas III Bintuni, Kamis (23/02) siang.

Kunjungan Kakanwil bersama jajaran Divisi Pemasyarakatan tersebut dalam rangka memberikan penguatan tugas dan fungsi (tusi) pemasyarakatan bagi pegawai/petugas Rutan Bintuni.

Dalam lawatan keduanya kali ini, Kakanwil menyampaikan tiga kunci kesuksesan menuju pemasyarakatan yakni Deteksi Dini, Pemberantasan Narkoba dan Tingkatkan Sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum (APH) di daerah.

Deteksi dini sebagaimana yang dimaksudkan oleh Kakanwil yaitu setiap pegawai/petugas Rutan Bintuni harus mampu mendeteksi setiap permasalahan yang akan terjadi dilingkungan kerjanya sehingga terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban yang kondusif.

Selanjutnya, pemberantasan narkoba yang merupakan komitmen nasional harus selalu dijaga dan diterapkan pengawasan peredaran dan penyalahgunaannya secara menyeluruh, tidak hanya pada narapidana tapi pegawai/petugas pemasyarakatan sehingga Rutan Bintuni kembali "BERSINAR" (Bersih dari Narkoba).

Sedangkan, sinergitas bersama APH, beliau menyampaikan kepada jajaran Rutan Bintuni agar membangun dan meningkatkan sinergitas antar sesama APH dan instansi terkait lainnya sehingga tusi Rutan Bintuni dapat berjalan dengan baik.

Selain tiga kunci kesuksesan menuju pemasyarakatan, Kakanwil juga mengulas tentang pelaksanaan program "Back to Basics" yang merupakan strategi dalam peningkatan kualitas layanan Pemasyarakatan di lapas/rutan.

Menutup arahannya, beliau meminta kepada seluruh jajaran Rutan Bintuni agar bekerja secara profesional serta menjauhi hal-hal yang dapat mencoreng citra pribadi, keluarga dan organisasi.

"Marilah menjadi petugas pemasyarakatan yang profesional dan mumpuni. Artinya menguasai betul apa yang menjadi tugas dan fungsi kita masing-masing. Hal-hal yang sifatnya buruk, tolong dihindari dan dijauhi", pintanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Kabid PBTI, Jevius J. Siathen dan Kabid Yantahbasan, Yanu Haryadi dan Plt. Kepala Rutan Bintuni, Juwaeni beserta jajarannya.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2

3

4

5

6

7


Cetak   E-mail