KANWIL PAPUA BARAT IKUTI WORKSHOP TEKNIK PENILAIAN MANDIRI DAN PENJAMINAN KUALITAS MATURITAS SPIP TERINTEGRASI KEMENKUMHAM TAHUN 2023

Breaking news social media template36

Sorong – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat di wakili oleh Bagian Program Dan Humas bertempat di City View Hotel mengikuti kegiatan Workshop Teknik Penilaian Mandiri dan Penjaminan Kualitas Maturitas SPIP Terintegrasi Kemenkumham Tahun 2023 secara daring melalui aplikasi zoom, Senin (20/03/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan secara hibrid ini di pusatkan dari Auditorium Inspektorat Jenderal Kemenkumham Republik Indonesia yang diikuti secara langsung oleh Auditor dan Unit Eselon I, sedangkan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM serta UPT se- Indonesia mengikuti secara daring.

Kegiatan dibuka oleh Inspektur Wilayah I, Icon Siregar selaku penanggung jawab SPIP Kemenkumham, kegiatan dilanjutkan dengan paparan pemateri pertama oleh Auditor Utama BPKP Pusat, Agus Sukiswo yang menyampaikan materi terkait Workshop Teknik Penilaian Mandiri Dan Penjaminan Kualitas Maturitas SPIP Terintegrasi Kementrian Hukum dan HAM.

Dalam paparannya, Bapak Agus Sukiswo menyampaikan Manfaat Penyelenggaraan  Dan Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP yaitu :

  • K/L/D dapat melakukan perbaikan kualitas perencanaan secara berkelanjutan
  • K/L/D dapat mengenali dan mengatasi risiko-risiko atas pelaksanaan program dan kegiatan
  • K/L/D dapat meminimalisir risiko terjadinya korupsi/fraud
  • K/L/D dapat menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien
  • K/L/D dapat meningkatkan kualitas pengendalian intern secara berkelanjutan
  • Tercapainya tujuan K/L/D secara efektif dan efisien, lapkeu yang andal, aset yang aman, dan taat peraturan perundang-undangan.

Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa SPIP Terintegrasi saat ini berdasarkan Renstra Kementerian/Lembaga. sehingga SPIP merupakan tugas seluruh jajaran Kemenkumham karena terkait Tujuan Organisasi.

Selanjutnya, paparan disampaikan oleh narasumber kedua yakni Auditor Madya, Nugroho Sri Danardono, Ak., M.Ec.Dev., CA selaku Korwas Gakum yang menyampaikan Materi Penilaian Mandiri SPIP Terintegrasi. Dalam paparannya Nugroho menyampaikan bahwa Lingkungan Pengendalian adalah atmosfer, sehingga apabila atmosfernya baik pelaksanaan SPIP berjalan seluruhnya. selain itu disampaikan juga bahwa Kewajiban Satuan Kerja adalah Lembar Kertas Kerja 3.1, namun lebih baik jika sampai dengan kertas kerja 3.4.

Usai pemaparan materi, kegiatan di lanjutkan dengan sesi tanya jawab yang mana  para peserta kegiatan sangat antusias karena SPIP terintegrasi masih baru.

WhatsApp Image 2023 03 20 at 8.52.15 PM1WhatsApp Image 2023 03 20 at 8.52.15 PM1

WhatsApp Image 2023 03 20 at 8.52.15 PM1WhatsApp Image 2023 03 20 at 8.52.15 PM1


Cetak   E-mail