OPERASI MANDIRI PENGAWASAN ORANG ASING DI PULAU MANSINAM DALAM RANGKA HUT PEKABARAN INJIL DI TANAH PAPUA ke-169 TAHUN 2024

Putih Hijau Modern Pendaftaran Beasiswa Instagram Post

Berlokasi pada Mansinam Beach Hotel & Resto sebagai titik kumpul Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari laksanakan Operasi Pengawasan Orang Asing di Pulau Mansinam, (Senin,05/02/24)

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIT dilaksanakan apel bersama yang terdiri dari pejabat dan pegawai Kantor Imigrasi Manokwari. Apel dipimpin oleh Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian , Aaron Nicky Santosa. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk pengawasan terhadap orang asing yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Manokwari terhadap orang asing agar terpenuhinya ketentuan peraturan perundang-undangan bagi orang asing yang tinggal dan berkegiatan di Indonesia khususnya di Kabupaten Manokwari. Diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan humanis;

Selesai apel, Kepala Seksi Inteldakim selaku Ketua Tim memimpin kegiatan pengawasan orang asing menuju Pulau Mansinam. Pengawasan orang asing dilaksanakan di area penyebrangan Mansinam Beach Hotel & Resto, di Pulau Mansinam sebagai titik pusat perayaan HUT PI ke-169 serta di beberapa titik penyebrangan di sekitar Pulau Mansinam.

Sebagai informasi sebelumnya pada tanggal 2 s.d. 4 Februari 2024, Seksi Inteldakim juga telah melakukan pengawasan di Yayasan-Yayasan, Kantor Klasis Manokwari, serta hotel atau penginapan di wilayah Kabupaten Manokwari yang dimungkinkan adanya tamu orang asing yang datang dan menginap untuk dilaporkan melalui Aplikasi pelaporan orang asing yang dikelola langsung oleh Kantor Imigrasi Manokwari khususnya Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian.

Pelaksanaan Kegiatan HUT PI ke-169 tahun 2024 ini dihadiri oleh, BPS Sinode, Mitra Gereja Tingkat Sinode, Pj. Gubernur Papua Pengunungan (Bapak Felix Wanggai), Anggota BP3OKP (Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua), PW Jemaat Betel Waloben Sereh Klasis Sentani, PAM Klasis Biak Selatan, PAM Efata Jefman Klasis Raja Ampat Tengah, PW GKI Betania Pos 7 Klasis Sentani, Karyawan Freeport Timika dan juga PW Jemaat GKI Pniel Klasis Mimika.

Laporan yang di dapatkan pada kegiatan pengawasan antara lain telah melaksanakan pengawasan orang asing pra kegiatan dan saat kegiatan peringatan HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua yang ke-169 Tahun 2024 dengan baik dan lancar, adanya beberapa orang asing yang berkegiatan di Pulau Mansinam selama kegiatan perayaan berlangsung serta tidak ditemukan adanya indikasi pelanggaran keimigrasian.

 

 

 


Cetak   E-mail