PENUHI UNDANGAN VAKSINASI DARI GUBERNUR, KAKANWIL SIAP DUKUNG PENUH PEMPROV PABAR TANGGULANGI COVID-19

foto 2

 

Manokwari (03/03/2021) - Tepat satu tahun sejak pertama kali diumumkan pada bulan Maret 2020 lalu,  Covid-19 masih  merebak di Indonesia hingga saat ini. Beragam upaya telah dilakukan oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah dalam menanggulanginya. Vaksinasi merupakan langkah yang digencarkan oleh pemerintah akhir-akhir ini yang mulai dilakukan diberbagai daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Papua Barat.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat pada Rabu (03/03) telah menggelar pencanangan dan pelaksaan vaksinasi covid-19 massal tahap kedua yang dilangsungkan di Aula Polda Papua Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh  unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari, para Kepala Dinas terkait Provinsi Papua barat dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian yang ada di Papua Barat.

Gubernur provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan saat memberikan sambutan menjelaskan bahwa vaksinasi perlu dilakukan sebagai langkah lanjutan dalam upaya pengendalian penyebaran covid 19.  Selama ini masyarakat telah berperan dalam pengendalian pandemik melalui upaya gerakan 3M dan 3T ( Tracing, Testing, Treatment ) oleh pemerintah namun sejauh ini masih menemui tantangan.

“Diperlukan perlindungan yang lebih spesifik dalam menghadapi langsung virus Covid-19, yaitu melalui vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok” papar Gubernur Papua Barat.

Dikesempatan yang sama, Gubernur kedua Papua Barat ini berharap kepada seluruh sasaran vaksinasi tahap kedua yang bekerja di pemerintahan dapat mengedukasi masyarakat tentang program vaksinasi Covid-19. “ Berikan contoh yang baik kepada masyarakat dengan segera mendapatkan vaksinasi sebanyak 2 (dua) kali penyuntikan/ 2 (dua) dosis. Kepada para tokoh dan panutan daerah, organisasi profesi dan kemasyarakatan, bantu memberikan edukasi kepada masyarakat dengan menyebarkan informasi yang baik dan benar terkait vaksin Covid-19”

Kemudian beliau menambahkan  agar semua pihak meningkatkan kerjasama dan saling mendukung dalam pelaksaan program vaksinasi demi mempercepat terbentunya kekebalan kelompok dalam mengatasi pandemi. Namun juga tetap menjalankan protokol kesehatan yang selaman ini diberlakukan secara disiplin.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Papua Barat, Slamet Prihantara yang juga sebagai salah satu peserta mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Papua Barat yang tengah berlangsung ini.

Sebagai orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Toro (sapaan Slamet Prihantara) berterima kasih atas langkah positif yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka penanganan covid- 19, tidak hanya ditingkat provinsi Papua Barat tetapi juga Nasional. Terselip pula harapan bahwa program vaksinasi ini dapat meredakan pandemi kedepannya.

“Harapan saya tentunya mudah-mudahan vaksin ini benar-benar bisa melawan keganasan covid-19 sehingga rakyat Indonesia secara keseluruhan atau mayoritasnya ini bebas daripada pandemi covid-19 yang ternyata kian hari kian banyak yang jatuh menjadi korban”. Harap Toro.

Sebagai pemegang tapuk kepemimpinan Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Pria berusia 57 tahun ini kedepannya akan menghimbau dan mengistruksikan kepada setiap jajaran yang ada di lingkungan Kanwil Kemenkumham Pabar untuk turut mensukseskan program vaksinasi ini dengan turut serta didalamnya dan mensosialisasikan kepada masyarakat.

 

foto 4foto 4foto 4

 


Cetak   E-mail