TIM DIRYANTAH LOLA BASAN BARAN DITJEN PEMASYARAKATAN GELAR SOSIALISASI MODUL SDP DAN PENDAMPINGAN TEKNIS DI RUPBASAN MANOKWARI

1

Manokwari - Dalam rangka meningkatkan kompetensi petugas dan kapabilitas dalam pengelolaan Basan dan Baran, Tim Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelola Benda Sitaan (Basan) dan Barang Rampasan Negara (Baran) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan menggelar kegiatan Sosialisasi Modul SDP (Sitem Database Pemasyarakatan) Basan Baran dan Pendampingan Teknis Pengisian Aplikasi SDP di Kantor Rupbasan Kelas I Manokwari, Selasa (30/05).

Bertempat di Aula Kantor Rupbasan Kelas I Manokwari, kegiatan diikuti oleh seluruh Pegawai Rupbasan Kelas I Manokwari. Hadir pula KabidyantahKesrehab Lola Basan Baran dan Keamanan, Yanu Haryadi, Kasubid Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan, Kamarudin.

Tujuan dari Sosialisasi ini adalah memperkenalkan Aplikasi SDP Basan Baran berbasis SOA dan Microservice kepada Petugas Rupbasan Kelas I Manokwari, serta memberikan pemahaman yang mendalam tentang penggunaan Aplikasi SDP Basan Baran.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia raya dan Mars Kemenkumham, kemudian sambutan oleh Kepala Rupbasan Kelas I Manokwari serta ucapan terima kasih kepada Tim Diryantah Lola Basan Baran.

Di awal penyampaian materi, Ketua Tim Diryantah Lola Basan Baran, Akbar Amnur memperkenalkan dan menjelaskan tentang aplikasi SDP versi terbaru berbasis SOA dan Micro Service beserta kelebihannya yang meliputi tidak perlu perlu konsolidasi data, memiliki server yang terpusat, layanan integrasi data dengan SDP Lapas dan Rutan serta layanan service perbaikan dan perubahan SDP lebih mudah.

Selanjutnya, beliau memaparkan secara rinci tentang struktur Menu, fitur-fitur dan fungsionalitas Aplikasi SDP Basan Baran. Kemudian menjelaskan langkah-langkah pengisian data dari setiap fitur yang terdapat dalam Aplikasi SDP Basan Baran.

"Melalui sosialisasi ini, kami ingin memastikan bahwa petugas Rupbasan Kelas I Manokwari memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengelola BASAN BARAN. Aplikasi SDP BASAN BARAN akan menjadi alat yang sangat berguna dalam meningkatkan transparansi dan efektivitas pengelolaan benda sitaan negara," ujar Akbar Amnur.

Dalam kesempatan ini, beliau juga turut menyampaikan bahwa di tahun 2021 - 2022 Direktorat TI dan Kerjasama telah memenuhi tuntutan perkembangan dan kebutuhan teknologi, dengan melakukan pengembangan dan pemutakhiran Sistem Database Pemasyarakatan (SDP).

Oleh karena itu, Salah satu Target Kinerja Ditjen Pemasyarakatan periode B01 s/d B06 adalah meningkatnya kualitas penyelenggaraan pemasyarakatan di bidang pengelolaan basan baran berupa sosialisasinya Modul Pengembangan SDP Basan Baran pada Rupbasan di 11 Kantor Wilayah Hukum dan HAM.

Setelah penyampaian materi, dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab antara peserta kegiatan dan Tim Direktorat Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Basan Baran. Peserta dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan masukan terkait aplikasi SDP Basan Baran.

Selanjutnya, Ade Januarsyah selaku pendamping menginstal pembaharuan aplikasi SDP Basan Baran ke versi terbaru dan memperkenalkan menu dashboard serta fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi SDP Basan Baran.

Kemudian Ade memberikan bimbingan teknis secara individu kepada operator SDP Basan Baran dan memantau langsung proses pengisian data serta memberikan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghindari kesalahan atau ketidaksesuaian data.

Kegiatan diakhiri dengan sesi penutupan, dimana Akbar Amnur, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir atas partisipasi dan kontribusinya dan melakukan pengecekan di gudang penyimpanan Basan dan Baran.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT “PASTI BISA”, (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2

3

4

5

6

7

8

9

 


Cetak   E-mail