KKN TARUNA POLTEKIP SOSIALISASIKAN KESADARAN HUKUM DI SMA 1 MANOKWARI

Breaking news social media template56

Manokwari - Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Penempatan Balas Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Manokwari mengadakan kegiatan sosialisasi kesadaran hukum dan pengenalan sekolah kedinasan di Aula SMA Negeri 1 Manokwari pada hari Senin 12 juni 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Bapak Thanaly Pameroan selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Dalam melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan tingkat III melaksanakan pengabdian masyarakatan dengan sosialisasi dan penyuluhan kesadaran hukum yang difokuskan pada pelajar SMA. Penyampaian materi sosialisasi penyadaran hukum disampaikan oleh Taruna Utama Abdul Munir Rumbruren. Sosialisasi dilakukan mengingat semakin naiknya angka anak yang berkonflik dengan hukum di wilayah Manokwari dari tahun ke tahun. Harapannya  siswa-siswi kelas X dan XI SMA Manokwari mampu untuk memahami perbuatan yang melanggar hukum yang termasuk dalam pidana.  

Materi selanjutnya terkait sekolah kedinasan Poltekip disampaikan oleh Taruna Utama Pedro Senandi dan Taruna Utama Panus Kawer. Diharapkan para siswa mengetahui tentang sekolah kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan. Hal ini bertujuan agar memotivasi para siswa untuk mengikuti seleksi sebagai taruna-taruni Poltekip di tahun mendatang.

Dalam akhir acara meteri penutup disampaikan oleh pembimbing kemasyarakatan Bapas Kelas I manokwari yakni Bapak Panggih Subagyo yang menyampaikan tentang jenis tindak pidana yang dilakukan oleh anak-anak di Manokwari.

”Tindak pidana yang paling banyak dilakukan oleh anak  di Manokwari, meliputi kasus perlindungan anak, pencurian, penganiayaan dan narkotika. Datanya dari tahun ke tahun selalu meningkat,” tegas Panggih.

Bapak Thanaly Pameroan menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat buat para siswa di SMA Manokwari. Beliau berharap agar para siswa lebih menjaga perilakunya baik di dalam maupun saat di luar sekolah.

WhatsApp Image 2023 06 12 at 3.46.00 PM


Cetak   E-mail