Pembinaan Mental dan Penyuluhan Hukum

PHBN depag

Manokwari – Jumat (16/8), Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Provinsi Papua Barat Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua Barat bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Mental dan Penyuluhan Hukum dengan Tema “Melalui Pembinaan Mental dan Penyuluhan Hukum Kita Tingkatkan Wawasan Berbangsa dan Bernegara bagi Pelajar di Kota Manokwari”. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke – 68 yang jatuh pada hari Sabtu.

Sebanyak 50 pelajar perwakilan dari 27 sekolah yang terdiri dari 12 (dua belas) Sekolah Menengah Pertama dan 15 (lima belas) Sekolah Menengah Atas/Kejuruan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manokwari.

Pelaksanaan Kegiatan bagi para Pelajar tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Papua Barat No. 112 Tahun 2009 tentang Panitia Hari Besar Nasional.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua Barat (Juliana Leong, M.Th) selaku Koordinator Kegiatan membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya beliau mengharapkan agar adik–adik pelajar yang diutus oleh sekolahnya masing–masing dapat menjadi contoh dan teladan bagi teman–teman mereka di sekolahnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua Barat, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat (Drs. Rosman Siregar, SH., MH.), dan Kepala Bidang Seni, Agama, Kepercayaan dan Ormas–Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Papua Barat (Saman Tangdikanna, S.Sos.) menjadi Narasumber dalam kegiatan tersebut.

Materi pertama dibawakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua Barat yakni mengenai Pembinaan Mental dan Moral Pelajar. Dalam menyajikan materinya, beliau mengajak agar para pelajar untuk menggunakan akal sehat dan hati nurani mereka dengan baik karena masa depan mereka tergantung pada diri mereka sendiri.

Materi berikutnya yakni mengenai Kedisiplinan Pelajar yang disajikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat. Dalam ceramahnya, beliau menjabarkan mengenai hukum yang ada di Indonesia. Disamping itu beliau juga menghimbau agar para pelajar menaati peraturan yang berlaku baik di lingkungan rumah, sekolah maupun masyarakat umum karena dari kedisiplinan diri niscaya keberhasilan akan mereka raih.

Materi terakhir disampaikan oleh Kepala Bidang Seni, Agama, Kepercayaan dan Ormas–Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Papua Barat dengan judul Wawasan Kebangsaan–Peran Generasi Muda dalam Pembangunan. Beliau menyerukan kepada para pelajar yang hadir untuk belajar dengan sebaik–baiknya karena di pundak merekalah masa depan bangsa ini berada. (Humaslap_kanwilPabar)

PHBN depag2

Cetak   E-mail