STAF KHUSUS MENKUMHAM RI TINJAU LAPAS KELAS IIB SORONG

1

Sorong, Rabu (04/03/2020) - Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM RI (Fajar B.S. Lase) beserta timnya didampinggi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat (Anthonius M. Ayorbaba) dan Analis Keimigrasian Utama, (M. Tarmin Setiawan), serta Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dan Kepala Divis Keimigrasian melakukan peninjauan ke Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIB Sorong.

Dalam kunjungannya beliau melakukan tinjauannya ke blok-blok sel WBP, dapur, ruang kesehatan serta beliau juga memantau dan memastikan pengamanan dalam lapas sendiri serta peninjauan terhadap pemanfaatan fasilitas layanan self service Sistem Data Pemasyarakatan (SDP) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang telah tersedia pada lapas sorong, selain itu juga beliau menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan WBP dan juga memberikan memotivasi mereka dalam menjalani masa tahanannya.

Pada kesempatan tersebut, sebelum mengakhiri kunjungannya beliau menyempatkan diri untuk memimpin apel sore, adapun beberapa hal yang disampaikan dalam arahannya beliau, antara lain:
1. Beliau mengatakan untuk tugas pengamanan dalam lingkungan lapas yang harus ditingkatkan terutama di area tembok pembatas lapas dengan lingkungan luar lapas,

2. Staf khusus juga mengingatkan kepada Kalapas beserta semua pejabat maupun pegawai terkait perangkat Layanan Self Service Sistem Data Pemasyarakatan (SDP) harus dioptimalkan pemanfaatannya dengan mengfungsikan perangkat pendukungnya (Finger Print) agar dapat memudahkan WBP dalam pengoperasian device tersebut untuk mendapatkan informasi terkait masa tahanannya maupun hak-hak yang dimiliiki selama menjadi menjadi WBP pada lapas tersebut.

“Finger Print itu wajib ada, karena cara yang paling mudah untuk semua warga binaan untuk mengetahui perjalanan masa tahanannya dan semua hak-haknya” ungkapnya.

3. Selain itu terkait saranan dan prasana (toilet) pada blok-blok WBP agar selalu diperhatikan kebersihannya.

4. Staf khusus juga berharap kepada Ka.lapas beserta jajaranya terkait beberapa hal yang ia sampaikan tersebut agar dapat dievaluasi dan ditindak lanjuti.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

22222222222222

 


Cetak   E-mail