HADIRI PENCANANGAN GERAKAN PAKAI MASKER DAN PELAUNCHINGAN CALL CENTER HALLO MASKER OLEH GUBERNUR, KAKANWIL KEMENKUMHAM PABAR TURUT SERTA SOSIALISASIKAN KEPADA MASYARAKAT UMUM

1

Manokwari, (11/09/2020) – Berlokasi disekitaran sanggen Kabupaten Manokwari, Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan secara resmi mencanangkan gerakan pakai masker diwilayah Manokwari sekaligus melaunching "Hallo Masker, Ayo Pake Masker” Program Call Center (1500141) tentang Informasi Masker, Kalimat pada slogan tersebut merupakan ajakan sekaligus himbauan kepada masyarakat untuk selalu disiplin menggunakan masker guna pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Papua Barat khususnya di manokwari.

Dalam pelaksanan kegiatan tersebut, Pemerintah Provinsi Papua Barat melibatkan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Forkopimda dan serta seluruh Instansi Pemerintah (Vertikal, Pemda) maupun seluruh unsur kelembagaan hingga Toko agama, toko adat, dan juga Masyarakat secara Umum untuk terlibat bekerjasama dalam kegiatan tersebut.

Disampaikan oleh Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan bahwa pencanangan gerakan pakai masker dan dilaunchingnya program call center “Hallo Masker, Ayo Pake Masker” merupakan tekad dan Komitmen Bersama untuk melawan Covid-19 di Tanah Papua.

Termasuk Kanwil Kemenkumham Papua Barat, yang dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba saat pencanangan sekaligus terlibat langsung dilapangan melaksanakan gerakan Ayo pakai Masker dengan membagikan masker sekaligus mengsosialisasikan program “Hallo Masker, Ayo Pake Masker” kepada masyarakat umum yang ditemuinya di jalan (Pengendara, Pejalanan Kaki).

Kakanwil mengatakan bahwa kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perlindung diri dari Covid-19 dengan menggunakan masker masih sangat minim, hal itu ia jelaskan berdasar pengelompokan Masyarakat yang ia temui saat membagikan masker di jalan.

“Hal itu dapat kita kategorikan dalam beberapa kelompok, yang paling banyak kelompok rentan tanpa menggunakan masker ini adalah kelompok pemuda, yang ke 2 orang yang menganggap bahwa perjalannya tidak jauh dengan menempuh jarak yang dekat, yang ke 3 masih juga kita temukan aparat keamanan dengan atribut lengkap tapi tidak menggunakan masker, yang ke 4 juga ASN yang memakai pakaian dinas tapi tidak memakai masker, sehingga kita berharap upaya untuk melakukan Sosialisasi Call Center Hallo Masker (1500141) ini harus terus disosialisasikan sehingga masyarakat memperoleh informasi untuk mendapatkan masker tapi juga kasadaran perlindungan diri terhadap ancaman Covid-19". Ungkapkan KaKanwil usai turun langsung membagikan masker sekaligus mengsosialisasikan Program Call Center tersebut.

Adapun dalam mendukungan penuh pemerintah daerah dalam hal penanganan Covid-19, Kanwil Kemenkumham Pabar juga selain mendukung dalam hal perancangan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait Disiplin masker yang nantinya akan dilakukan, Kampanye pengunaan masker kepada masyarakat juga telah dilakukan oleh dijajaran Kemenkumham Pabar melalui sosial media maupun secara langsung di lingkungan kerja Kanwil dan Unit Pelaksana Teknis Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

Kakanwil berharap Program Call Center seperti ini kiranya dapat diadakan juga didaerah lainya di seluruh Wilayah Papua /Papua Barat apabila Program tersebut belum diadakan selain di Manokwari, sehingga kesadaran masyarakat secara umum untuk menggunakan masker guna pencegahan covid-19 dapat meningkat.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

22


Cetak   E-mail