KUNJUNGAN PERDANA KE LAPAS FAK-FAK, KAKANWIL INGATKAN PEGAWAI LAPAS DAN WBP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN

1

Fak-Fak (28/01/2021) - Selepas mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sorong dan bercengkrama dengan Petugas Lapas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sembari melihat program-program kemandirian yang dihadirkan oleh Lapas Sorong kepada WBP salah satunya Kebun Asimilasi dan Edukasi sehari sebelumnya (Rabu, 27/01).

Pagi tadi (Kamis, 28/01) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Slamet Prihantara bersama rombongan bertolak menuju ke Kabupaten Fak-Fak.

Begitu tiba di Bandara Torea Kabupaten Fak-Fak dengan menggunakan pesawat terbang, Kakanwil bersama rombongan diantaranya Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Masjuno dan Kepala Bagian Program dan Humas (Kabag PH), Syaaltiel Biantong serta beberapa staf langsung bergegas menuju ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Fak-Fak.

Di Lapas Fak-Fak, Kakanwil bersama rombongan disambut dengan baik oleh Kepala Lapas (Kalapas), Bejo dan diarak dengan tarian tradisional penyambutan tamu dan nyanyian yang dipentaskan oleh Pegawai Lapas dan WBP itu sendiri.

Sama halnya sewaktu kunjunganya di Lapas Sorong, Kakanwil bersama Kadivpas juga menyempat diri menyapa, memberikan motivasi dan mengutarakan maksud kedatangannya bersama rombongan ke Lapas Fak-Fak untuk bersilaturahmi dengan Petugas Lapas dan WBP.

"Kedatangan saya kesini untuk bersilaturahmi, baik kepada seluruh petugas Lapas maupun Bapas dan juga tidak kalah penting, bisa bersilaturahmi dengan saudara-saudara sekalian”, ucap Kakanwil dalam sambutannya.

Melihat tren penyebaran Pandemi Covid-19 yang belum juga mereda dari jumlah kasus pasien yang telah terjangkit, beliau diakhir sambutannya menghimbau agar seluruh Petugas Lapas maupun WBP agar selalu mengikuti dan mematuhi aturan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah dengan menerapkan Gerakan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak).

“Dalam menerapkan hal tersebut, harus kita juga saling mengingatkan agar kita semua selalu terjaga dari penyebaran Virus Covid-19. Selain itu, kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan supaya tidak menimbulkan penyakit”, tutup Kakanwil mengakhiri sambutannya.

Selepas berkeliling dan mengitari lingkungan Lapas Fak-Fak, Kakanwil dan rombongan melawat ke Pondok Asimilasi Perikanan Sero yang merupakan Program Pembinaan Kemandirian dari Lapas Fak-Fak yang dikerjakan oleh WBP Asimilasi sebanyak 4 (empat) orang.

Pondok Asimilasi Perikanan Sero merupakan perangkap yang terdiri dari susunan pagar yang akan menuntun ikan-ikan menuju perangkap dan terbukti efektif digunakan di beberapa daerah dan alat ini termasuk dalam kategori ramah lingkungan. Pada kesempatan tersebut, Kakanwil bersama rombongan menyempatkan diri memanen langsung ikan yang sudah terperangkap di dalam sero tersebut.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana beliau ke Kabupaten Fak-Fak setelah resmi menjabat sebagai Kakanwil Kemenkumham Papua Barat dan sekaligus juga kunjungan perdana bagi Kadivpas setelah dilantik di awal Januari 2021.

Turut hadir mendampingi Kakanwil dan rombongan diantara Kepala Bapas Kelas II Fak-Fak, beberapa pejabat dan staf Lapas Fakfak.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

11

3

9

12

6

7

8

 


Cetak   E-mail