BUKA RAKERNIS PEMASYARAKATAN TAHUN 2021, KAKANWIL TEKANKAN PENTINGNYA SINERGITAS ANTAR PENEGAK HUKUM

1

Manokwari (08/03/2021) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Slamet Prihantara, pagi tadi (Senin, 08/03) secara resmi membuka Kegiatan Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan Tahun 2021 di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

Kegiatan yang dihelat di Ballroom Sogun II Hotel Niu Aston ini dihadiri oleh para Pimpinan Tinggi Pratama (Pimti), Pengawas dan Administrator, Kepala UPT Pemasyarakatan serta pejabat Eselon V yang berada di jajaran pemasyarakatan Papua Barat.

Jalannya kegiatan diawali dengan Laporan Ketua Panitia yang disampikan oleh Kabid Pembinaan, Bimbingan dan TI, Jevius J. Siathen.

Dalam sambutannya, Kakanwil mengatakan ada tiga unsur penting yang sangat dominan bagi tumbuh kembangnya pelayanan sistem pemasyarakatan sehingga diperlukan sebuah sinergitas yang alot.

"Nah, tentunya tugas yang tidak mudah ini tidak bisa berlangsung sempurna tanpa adanya sinergitas, kerjasama dari tiga unsur yang tidak bisa dipisahkan yaitu adanya petugas, adanya warga binaan pemasyarakatan dan juga unsur masyarakat yaitu masyarakat itu sendiri, aparat penegak hukum, birokrasi mungkin juga legislasi yang semuanya itu bagian yang tak terpisahkan bagi tumbuh kembangnya sistem pemasyarakatan.", Ujar Kakanwil.

"Tiga pilar inilah yang tentunya akan membentuk sebuah sistem pemasyarakatan bisa berjalan sesuai dengan harapan kita", lanjutnya.

Sesuai dengan tema yang diusung yakni Peningkatan Profesionalisme Petugas Pemasyarakatan di Era Digitalisasi Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Pemasyarakatan di Masa Pandemi Covid-19, kakanwil mengajak insan pemasyarakatan di Papua Barat untuk mau beradaptasi dan mengadopsi penggunaan teknologi dalam menunjang pekerjaan tanpa harus menjauhi teknologi itu sendiri.

Mengakhiri sambutannya, beliau mengajak insan pemasyarakatan di Papua Barat untuk bekerjasama dan bersinergi dengan instansi terkait demi kemajuan pemasyarakatan di Papua Barat.

"Tentunya kita sepakat untuk bisa bekerja bersama, bersama bekerja, bekerja bersama-sama, meningkatkan sinergitas bukan saja dalam hal teknis, namun juga non teknis. Sekali lagi saya sebagai Kepala Kantor Wilayah berharap banyak kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan untuk bisa merangkul, merangkum, sekaligus meningkatkan semua intensitas semua kegiatan, baik pada aparat penegak hukum maupun instansi terkait", harap Kakanwil.

Selepas sambutan dari Kakanwil, kegiatan digilir kedalam sesi diskusi/tanya jawab antara narasumber dan para Kepala UPT Pemasyarakatan yang dipandu oleh Kabid Pembinaan, Bimbingan dan TI, Jevius J. Siathen selaku moderator.

Dalam memberikan materi, Kanwil Kemenkumham Papua Barat melalui Divisi Pemasyarakatan menghadirkan tiga (3) orang narasumber, diantaranya Kombespol Ilham Saparona, S.IK, S.H selaku Direktur Reskrimun Polda Papua Barat, I Ketut Hasta Dana, S.H, M.H selaku Jaksa Muda Kejati Papua Barat dan drg. Indah Perwitasari, S.Kg selaku Penyuluh Narkoba Ahli Madya BNNP Papua Barat.

Adapun maksud dan tujuan dari digelarnya kegiatan rakernis ini yaitu untuk merangkum semua masalah-masalah yang terdapat pada semua Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan demi terwujudnya pelaksanaan tugas dan fungsi yang lancar, aman dan terarah pada setiap Unit Pelaksana Teknis.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

4

5

14

8

10

11

12

7

15


Cetak   E-mail