KANWIL KEMENKUMHAM PABAR IKUTI PEMBUKAAN EVALUASI CAPAIAN IKPA SEMESTER I TAHUN 2021

 

1

 

 

Manokwari – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat mengikuti pembukaan Evaluasi Capaian Indikikator Kinerja Pelaksaaan Anggaran (IKPA) Semester I Tahun Anggaran 2021 secara virtual melalui zoom cloud meetings, Selasa (10/08). Melalui Sub Bidang Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN), kegiatan ini diikuti oleh Kepala Bagian Umum, Ancelina Paseru, Kepala Sub Bidang Pengelolaan Keuangan dan BMN, Andriani Gani Balanehu dan para staff pengelola keuangan dan BMN Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

Di Kegiatan yang diselengarakan oleh Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI tersebut, Kepala Biro Keuangan, Wisnu Nugroho Dewanto dalam sambutannya menerangkan bahwa evaluasi pencapaian IKPA semester I tahun 2021 meliputi realisasi anggaran Kemenkumham semester I yang dimulai dari realisasi anggaran unit eselon  I semester I tahun 2021, realisasi anggaran Kantor Wilayah per 6 Agustus, hingga realisasi PNPB di Lingkungan Kemenkumham.

Berdasarkan Perjadin Pembendaharaan Nomor Per-4/PB/2020 berkenaan dengan petunjuk teknis pelaksaan penilaian IKPA Belanja di Kementerian atau Lembaga Negara. Wisnu Nugroho Dewanto menyampaikan bahwa untuk semester I tahun 2021 capaian IKPA Kemenkumham masih berada dibawah nilai IKPA nasional. Maka untuk itu perlu genjot kembali terutama dalam indikator halaman III DIPA, capaian output dan Kesalahan SPM.

Lebih jauh Wisnu Nugroho Dewanto juga memberikan langkah-langkah untuk meningkatkan nilai IKPA tahun 2021 terutama di semester II mendatang. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan sesegera mungkin melakukan percepatan kegiatan, lakukan pertanggungjawaban anggaran dari kegiatan yang telah selesai dilaksanakan, teguran dan sanksi kepada pihak ketiga yang terlambat dalam penyelesaian pekerjaan sesuai kontrak, lakukan identifikasi kembali atas kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan, segera ajukan tagihan sesuai dengan termin/jadwal pembayaran, Perhatikan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan kegiatan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan, dan lakukan optimalisasi anggaran untuk pemenuhan kekurangan belanja pegawai di lingkungan Satuan Kerja.

Menutup sambutannya, Kepala Biro menginggatkan agar seluruh satuan kerja untuk dapat meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan kegiatan dan penyerapan anggaran. Mempererat koordinasi antar unit pelaksana kegiatan dan unit pelaporan, tepat waktu dalam pengisian data capaian output dengan benar.

 

2

 

5

 


Cetak   E-mail