SEMINAR PROYEK PERUBAHAN, KADIVPAS HARAP APLIKASI SIKAPABEL DAPAT DITERUSKAN OLEH UPT PEMASYARAKATAN DI PAPUA BARAT

1

Manokwari (09/12/2021) - Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Masjuno telah mengikuti ujian Seminar Implementasi Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional TK II Angkatan XXIV Tahun 2021 yang dilangsungkan siang tadi di Saung Guest House, Depok-Jawa Barat.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) secara daring maupun klasikal ini telah diikuti oleh Kadivpas selama kurang lebih 3 bulan yang dimulai pada Oktober lalu.

Proyek perubahan yang diusung oleh Kadivpas yakni Strategi Manajemen Pengawasan (Supervisi) Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan pada Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat Melalui Aplikasi SIKAPABEL (Sistem Kendali Pengawasan Pemasyarakatan Berbasis Elektronik).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Slamet Prihantara sebagai mentornya Kadivpas turut hadir dan menyaksikan ujian tersebut secara daring melalui zoom meeting dari Kota Sorong.

Pengawasan (supervisi) pada UPT Pemasyarakatan sebagaimana yang dijelaskan oleh Kadivpas kepada Penguji merupakan aktivitas yang harus dilakukan oleh seorang Kepala Divisi Pemasyarakatan yang berkaitan dengan peran kepemimpinan yang diembannya dalam rangka menjamin terlaksananya penyelenggaraan pemasyarakatan di wilayah.

Untuk mendukung pengawasan tersebut, Kadivpas dalam Proyek Perubahan kali ini mengembangkan Aplikasi SIKAPABEL yang digunakan untuk melakukan pengawasan (supervisi) terhadap gangguan keamanan dan ketertiban pada Lapas dan Rutan di Papua Barat yakni pelarian narapidana, pengeluaran narapidana yang tidak sesuai dengan SOP, kebakaran, keribuatan, kegaduhan, adanya pungli, pengaduan masyarakat dan peredaran narkoba.

Dengan adanya aplikasi SIKAPABEL kiranya dapat menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban pada UPT Pemasyarakatan di Papua Barat terhadap persoalan yang telah disebutkan diatas serta meningkatkan citra positif institusi pemasyarakatan berkat informasi yang akurat dan transparan.

Beliau berharap aplikasi SIKAPABEL yang dikembangkanya ini dapat terus dijalankan dan diaplikasikan oleh seluruh UPT Pemasyarakatan di Papua Barat meskipun nanti dirinya sudah tidak menjabat lagi sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat.

Sebagai informasi, Aplikasi SIKAPABEL dapat diakses pada laman https://sikapabel-papuabarat.kemenkumham.go.id/ dan kini telah tersedia dalam versi android yang dapat didownload pada Google Playstore.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2

4

5

7

9


Cetak   E-mail