BUKA SKB WPFK CPNS TAHUN 2021 KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT, KAKANWIL: TES INI TRANSPARAN DAN TIDAK DIREKAYASA

1

Manokwari (14/12/2021) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, pagi tadi telah memulai Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Wawancara Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Slamet Prihantara.

Dalam sambutannya, Kakanwil mengatakan bahwa pelaksanaan Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2021 dari tahap awal seleksi pemberkasan hingga tahap akhir WPFK ini telah bebas dari praktik percaloan dan hasil kelulusannya murni berasal dari kemampuan peserta.

"Negara ini memerlukan Sumber Daya Manusia yang maju. Anda Ini adalah orang-orang yang ternyata sampai dengan seleksi terakhir artinya ini adalah orang-orang yang top. Top itu tunjukan kepada dunia karena kemampuan kalianlah yang mau diuji.", ujar Kakanwil.

Bahkan dirinya mengaku siap menindak dengan tegas apabila ada oknum pegawai atau pihak lainnya yang terlibat kecurangan dalam Seleksi Penerimaan CPNS Tahun 2021 di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Sekali lagi kemampuan kalian, bukan karena saya, bukan karena tim penilai atau mungkin yang diluar. Jadi kalau ada orang yang menjanjikan sesuatu itu hoaks. Kalau itu nanti bisa saya buktikan, nanti saya sendiri yang melakukan sebuah investigasi atau hal-hal yang berkaitan dengan tata aturan yang ada.", tegas Kakanwil.

"Yang saya harapkan adalah sebuah kejujuran, sebuah kemampuan, sebuah intelektualitas, mempunyai dedikasi dan mempunyai integritas yang akan kita dapatkan. Tes ini transparan dan tidak direkayasa.", imbuhnya.

Menutup sambutannya, beliau membacakan Deklarasi Transparansi Pelaksanaan SKB WPFK untuk membuktikan bahwa proses penentuan pengujian WPFK berjalan transparan, akuntabel, dan bebas dari benturan kepentingan.

Dalam pelaksanaan SKB WPFK kali ini, para peserta dicerca dengan sejumlah pertanyaan yang meliputi Ideologi Pancasila, Ketangguhan, Konsep Diri, Motivasi, Keterampilan dan Performa dari Tim Penguji yang terdiri dari Kakanwil, para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan perwakilan dari Biro Kepegawaian dan BPHN Kemenkumham RI.

Berdasarkan Laporan Berita Acara, hari pertama pelaksanaan SKB WPFK CPNS Tahun 2021 di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat telah diikuti oleh 73 peserta dan 1 peserta tidak hadir di lokasi ujian.

Sebagai informasi pelaksanaan SKB WPFK dilingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat diikuti oleh 148 peserta yang berlangsung dari tanggal 14-15 Desember 2021 yang dipusatkan di Aula II Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

Perlu diketahui, pelaksanaan hari pertama SKB WPFK CPNS Tahun 2021 Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat, dimana peserta dimintakan untuk menunjukan hasil swab/rapid antigen dengan hasil negatif/non reatif, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2

3

4

5

6

7

8

9

10


Cetak   E-mail