KUNJUNGAN KERJA PERDANA, KAKANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BARAT DISAMBUT MERIAH DI LAPAS MANOKWARI

Kunjungan Kakanwil di Lapas Manokwari

Manokwari - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Papua Barat, Taufiqurrakhman hari ini (Sabtu, 07 Mei 2022) melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Manokwari. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kerja Perdana Kakanwil ke Lapas Manokwari. 

Pada kunjungan tersebut Kakanwil disambut langsung oleh Kalapas Manokwari, Yulius Paath beserta jajaran, dengan diawali laporan petugas Penjaga Pintu Utama (P2U) yang melaporkan kondisi dan isi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Setelah laporan petugas P2U, Kakanwil mendapatkan sambutan meriah dari WBP dengan Tarian Adat Arfak yang biasa disebut Tari Tumbuh Tanah, melakukan prosesi Injak Piring dan dilanjutkan dengan pengalungan kalung manik-manik, dimaksudkan sebagai tanda penyambutan dan penghargaan terhadap seseorang yang dihormati yang baru pertama datang pada suatu tempat.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan sangat berterima kasih yang sebesar-besar terhadap Kalapas Manokwari beserta jajarannya bahkan kepada WBP yang telah menyambut dengan meriah walaupun dalam keadaan terbatas.

Selanjutnya, Kakanwil juga menyampaikan kepada seluruh jajaran Lapas Manokwari bahwa dengan diluncurkannya Corporate University yang mengarah pada sumber daya manusia unggul, seluruh petugas junior, senior, staf, atau petugas jaga agar terus meningkatkan knowledge serta mengubah pola pikir dalam bekerja sehingga mampu bersaing dalam era perkembangan teknologi saat ini.

“Seluruh jajaran harus bekerja dengan baik, pakai hati nurani, terapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Undang-Undang Pemasyarakatan, jalankan tugas dan fungsi (tusi) masing-masing, serta hindari hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dan diharapkan pegawai jangan bermain dengan Narkoba dan memberikan contoh yang baik kepada warga binaan” pesan Taufiqurrakhman.

Pada kesempatan yang sama, Kakanwil juga menyampaikan pesan kepada semua WBP bahwa perbanyak ibadah sesuai keyakinan dalam menjalani pidana, taati setiap peraturan dalam lapas, patuhi petugas, tingkatkan kebersihan baik kamar, blok bahkan lingkungan dalam Lapas serta jauhi narkoba dan sebaiknya mengikuti setiap program pembinaan kemandirian sebagai bekal kelak jika bebas sebagai tujuan pemasyarakatan.

Kemudian setelah sambutan, Kakanwil juga melakukan pengecekan langsung sarana prasarana di Lapas Manokwari seperti  Blok Hunian, area bengkel kerja, hingga dapur Lapas. (SRM)

2

5

12


Cetak   E-mail