PIMPIN UPACARA DAN SYUKURAN HDKD KE-77 TAHUN 2022, KAKANWIL KEMENKUMHAM PABAR TEGASKAN 6 POIN PENTING MENKUMHAM

1

Manokwari - Memperingati Hari Dharma Karyadika (HDKD) atau Hari Lahirnya Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Ke-77 Tahun 2022, jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat dan UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kota Manokwari menggelar Upacara Bendera dan Syukuran HDKD Ke-77 Tahun 2022 di Bapas Kelas I Manokwari, Jumat (19/08).

Para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas, Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi, JFT dan JFU serta CPNS Tahun 2021 serta Kasie Pencegahan mewakili Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa DJKI turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam amanatnya sebagai Inspektur Upacara, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Papua Barat, Taufiqurrakhman membacakan Sambutan Menkumham, Yasonna H. Laoly. Menkumham mengungkapkan bahwa pelaksanaan Upacara HDKD pada 19 Agustus 2022 kali ini terasa begitu istimewa bagi Jajaran Kemenkumham, yang semula dirayakan pada 30 Oktober.

"Penetapan tanggal ini adalah hasil pengkajian, penelusuran sejarah dan bukti-bukti autentik serta hasil wawancara dengan sesepuh dan para pakar hukum pada tahun 2021 lalu yang tentunya ini dapat dipertanggungjawabkan. Penetapan Hari Lahir Kemenkumham tersebut dilakukan semata-mata untuk meluruskan dan mengembalikan substansi Hari Lahir Kemenkumham pada sejarah yang benar", ungkap Menkumham dalam sambutan tertulisnya.

Selanjutnya, Yasonna juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Kemenkumham yang telah bekerja keras sehingga Kemenkumham mampu menggondol beberapa prestasi dan penghargaan ditahun 2022 kendati ditengah tantangan dan kesulitan yang mendera dunia saat ini, khususnya di Indonesia.

Penghargaan yang diraih diantaranya, Opini WTP atas Laporan Keuangan dari BPK yang ke-13 kalinya, Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Ombudsman RI dan beberapa capaian lainnya.

"Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran atas kerja keras dan pengabdiannya selama 77 tahun Kemenkumham. Kita harus menjaga komitmen dan konsisten menjadi Insan Pengayoman yang profesional, akuntabel dan mempunyai terobosan kreatif menyikapi berbagai keterbatasan yang ada.", ucap Yasonna.

Disamping beberapa capaian yang telah diraih, beliau juga menegaskan beberapa poin penting yang harus disikapi oleh seluruh jajaran Kemenkumham demi kemajuan organisasi. Adapun poinnya sebagai berikut:

Pertama, Memasuki politik Tahun 2023-2024, jajaran Kemenkumham selaku ASN diminta untuk harus mampu menjaga netralitas dan tidak terjebak politisasi sertw tidak memihak pihak tertentu.

Kedua, Ditengah belum meredahkan Pandemi Covid-19, jajaran Kemenkumham dihimbau untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan prokes sehingga tidak berdampak pada kinerja dan produktivitas dalam pencapaian target kinerja.

Ketiga, jajaran Kemenkumham diminta untuk sikapi berbagai isu terkait krisis energi, pangan dan keuangan dengan baik dengan menyiapkan langkah kontijensi menghadapi kedaruratan.

Keempat, Jajaran Kemenkumham diminta untuk harus bekali diri dengan teknologi sehingga kinerja organisasi menjadi lebih cepat, update dsn tingkat akurasi tinggi.

Kelima, Jajaran Kemenkumham diminta untuk tidak menimbulkan hal-hal yang berimplikasi buruk terhadap kinerja organisasi seperti penyalahgunaan wewenang, narkoba, radikalisme dan lain sebagainya.

Keenam, jajaran Kemenkumham diminta untuk bekali diri iman dan taqwa serta saling mengingatkan dalam kebaikan dan mampu memberikan contoh dan ketauladanan yang baik.

"Seluruh harapan saya tersebut diatas, agar dimaknai dan dipahami, selanjutnya saudara agar mengimplementasikan dengan sebaik-baik dan penuh rasa tanggung jawab.", tegasnya.

Di usianya yang ke-77 tahun, Kemenkumham diharapkan mampu melanjutkan pengabdian ke masyarakat, bangsa dan negara.

"Pada akhirnya, mari kita berdoa, semoga di usia ke-77 tahun ini, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, kemudahan, perlindungan kepada kita semua, seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara tercinta.", harap Menkumham.

Selesai Upacara, dilanjutkan acara Syukuran dengan pemotongan kue dan tumpeng serta pembagian hadiah hasil berbagai lomba yg diselenggarakan sebelumnya. Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai, khususnya Panitia yang telah bekerja keras mensukseskan Upacara dan Syukuran HDKD Ke-77 Tahun 2022.

Selanjutnya, beliau mengingatkan seluruh pegawai agar dapat merefleksikan tema : “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin Pasti dan Berahklak” ke dalam diri masing-masing sebagai semangat dalam membangun Kemenkumham, khususnya Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

"Sebagai Insan Pengayoman, kita bekerja harus menjunjung Tata Nilai PASTI. Kita juga harus menerapkan core value BerAKHLAK sebagai budaya kerja kita karena dengan berlandaskan dua hal ini, yakinlah tujuan kita dalam setiap memberi pelayanan kepada masyarakat akan tercapai.", ujar Kakanwil.

Pada saat upacara tersebut, Kakanwil menyerahkan Sertifikat Penghargaan Kekayaan Intelektual kepada Wakil Direktur PT. Manokwari City Mall (MCM), Ecco D. Tjokronegaro sebagai Pusat Perbelanjaan Berbasis Kekayaan Intelektual. Pada kesempatan syukuran tersebut juga ditampilkan pentas seni oleh WBP Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Manokwari dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari.

Selamat Hari Kementerian Hukum dan HAM 'HDKD' ke-77. Semoga Kementerian Hukum dan HAM semakin PASTI dan BerAKHLAK untuk Indonesia Maju. (SRM)

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2

3

4

5

7

6

8

9

10

11

12

 

 


Cetak   E-mail