TIM DIVISI PEMASYARAKATAN KANWIL KEMENKUMHAM PABAR GELAR MONEV DI LAPAS KELAS III KAIMANA

TATAP MUKA DENGAN JAJARAN LAPAS KELAS III KAIMANA KADIVPAS SAMPAIKAN PESAN PENTING SEKJEN DAN KAKANWIL KEMENKUMHAM PABAR 1

 

Kaimana- Dalam rangka memastikan keamanan di Lapas dan Rutan di Papua Barat , Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Papua Barat melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Kaimana, Kamis (27/10). Tim Monev Divisi Pemasyarakatan dipimpin oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Keamanan, Yanu Haryadi yang didampingi oleh Kepala Sub Bidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan, Hasan Aronggear.

Kepala Lapas Kelas III Kaimana , Hamka Abdullah menyambut baik kedatangan tim monev dari Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Papua Barat di Lapas yang ia pimpin. Bersama jajarannya, Hamka Abdullah  mendampingi Tim Monev sepanjang berjalannya kegiatan.

sebelum monev dilaksanakan Hamka Abdullah menyampaikan terima kasih atas kesediaan Tim dari Divisi Pemasyarakatan yang telah meluangkan waktu berkunjung ke Lapas Kaimana. Kepada jajaran Lapas Kaimana beliau berpesan untuk terbuka selama monev dilakukan karena demi kebaikan bersama. Apapun hasil dari Monev ini nantinya tentu akan menjadi saran perbaikan kedepannya.

Kegiatan monev diawali dengan inspeksi mendadak (Sidak) ke Blok dan kamar hunian para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), bengkel kerja, Dapur Lapas hingga kondisi bangunan dan pos jaga lapas.

Dari hasil sidak, petugas tidak menemukan adanya narkoda dan alat komunikasi di kamar-kamar WBP. Namun petugas masih menemukan adanya barang-barang yang seharusnya tidak boleh berada didalam Lapas/Rutan, diantaranya sendok besi,  paku, gelas kaca, gunting,  kartu remi dan obat – obatan tanpa resep dokter.

Begitu pula di dapur Lapas, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Keamanan, Yanu Haryadi mengingatkan kepada para petugas yang meramu makanan untuk menjaga kebersihan dapur dan makanan yang disajikan.

Setelah melakukan sidak, rombongan dari Divisi Pemasyarakatan melakukan peninjauan lapangan, pengecekan hal-hal terkait tugas teknis dan substantif seperti pemasang sarana alat pemadam kebakaran yg telah diberikan dari Dirjen pemasyarakatan guna mengantisipasi mitigasi bencana kebakaran, pemeriksaan peralatan pengamanan dan wawancara dengan pejabat struktural dan para petugas Lapas Kelas III Kaimana.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan monitoring dan sinkronisasi pada Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) diantaranya fitur keamanan, fitur pembinaan, fitur registrasi integrasi, dan pemeriksaan buku register oleh operator kantor wilayah dan operator lapas.

Dilaksanakan Monev ini guna bahan evaluasi Divisi Pemasyarakatan dan diharapkan dapat memberikan solusi dan rekomendasi terkait kendala dan permasalahan yang dihadapi Lapas Kelas III Kaimana dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai lembaga pembinaan bagi WBP. (SRM)

 

WhatsApp Image 2022 10 27 at 16.20.05 2

\

WhatsApp Image 2022 10 27 at 16.20.05 7

 

WhatsApp Image 2022 10 27 at 16.20.05 9

 

WhatsApp Image 2022 10 27 at 16.23.40

 

WhatsApp Image 2022 10 27 at 16.20.05 12

 

WhatsApp Image 2022 10 27 at 16.20.53

 

WhatsApp Image 2022 10 27 at 16.20.05


Cetak   E-mail