KAKANWIL KEMENKUMHAM PABAR HADIRI FESTIVAL TARI YOSPAN DALAM PERINGATAN HARI PAHLAWAN

Pink and Green Minimalist Thank You Card 1

 

Manokwari – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Taufiqurrakhman menghadiri festival Tari Yosim Pancar (Yospan) yang diselengarakan oleh Polisi Daerah (Polda) Papua Barat, Kamis (10/11).

Festival tari ini merupakan bagian dari rangkaian dari Polda Papua Barat dalam memperingati Hari Pahlawan pada tahun 2022. Pagelaran ini bukan semata-mata ajang perlombaan  tetapi sebagai wujud kecintaan Polda Papua Barat terhadap budaya yang ada di Papua Barat. sekila tarian iniadalah penggabungan dua tarian dari rakyat Papua, yakni tari yosim dan tari pancar. Yosim adalah tarian yang mirip poloneis dari dansa barat. Tari ini berasal dari Sarmi, kabupaten di pesisir utara Papua, dekat Sungai Mamberamo. Ada pula sumber yang mengatakan jika yosim berasal dari wilayah Teluk Saireri (Serui, Waropen). Sementara, pancar adalah tari yang berkembang di Biak Numfor dan Manokwari pada awal tahun 1960-an.

Melalui lomba Tari Yospan ini diharapkan terjalinnya silaturahmi yang baik antara Polda Papua Barat bersama masyarakat serta Pihak terkait Termasuk Kanwil Kemenkumham Papua Barat.       

Di momen ini, Kapolda Papua Barat,  Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga dan  Kakanwil Kemenkumham Papua Barat, Taufiqurrakhman secara bersama mengangkat bendera tanda perlombaan dimulai.

Perlombaan ini sendiri diikuti oleh 32 kelompok peserta dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Setiap kelompok peserta masing-masing menunjukan kebolehan dan kekompakan dalam menari untuk memikat hati para tim penilai. (SRM)

 

WhatsApp Image 2022 11 10 at 16.55.11

 

WhatsApp Image 2022 11 10 at 16.55.12


Cetak   E-mail