KEMENKUMHAM PAPUA BARAT HADIRI PERINGATAN HARI HAK ASASI MANUSIA SEDUNIA KE-74 TAHUN 2022

WhatsApp Image 2022 12 12 at 20.08.10

Jakarta – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat, Taufiqurrakhman, didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum (Kadivyankum), Jonson Siagian dan Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Ieriman Manda, hari ini, Senin, 12 Desember 2022, menghadiri acara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-74 Tahun 2022, dengan mengusung tema ‘Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang’; Advancing Human Rights for Everyone, bertempat di Golden Ballroom Hotel Sultan Jakarta Pusat.

Pada kesempatan peringatan Hari HAM ini, Kemenkumham RI dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K. H. Ma’ruf Amin. Kegiatan diawali dengan Sambutan dari Menkumham RI, Yasonna Laoly, beliau menyampaikan, “Dengan berbagai catatan dan tantangan yang saat ini masih kita hadapi dalam upaya penegakan HAM, puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena pada tanggal 9 November tahun ini, Pemerintah Indonesia mendapatkan berbagai apresiasi dari masyarakat internasional dalam Sidang Universal Periodic Review di Jenewa, Swiss.” Tuturnya.

Salah satunya adalah komitmen Indonesia untuk tetap melaksanakan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia hingga periode kelima saat ini. Kita patut berbangga, namun tidak lupa, bahwa upaya untuk menegakkan hak asasi manusia merupakan suatu proses yang terus-menerus harus ditingkatkan sebagai amanat seluruh rakyat Indonesia melalui ikatan kebangsaan dan kenegaraan di dalam Pancasila dan Konstitusi.” Jelasnya.

Komitmen ini pula yang terus mendorong Kementerian Hukum dan HAM mengambil peran utamanya melalui ragam kebijakan dan program seperti Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM), Kabupaten/Kota Peduli HAM (KKP HAM), Indeks Pembangunan HAM, Pelayanan Publik Berbasis HAM, dan PRISMA HAM, dan untuk memastikan hak asasi manusia betul-betul dinikmati oleh setiap warga negara dan sebagai perwujudan dari pengejawantahan pembangunan berbasis hak asasi manusia, Kementerian Hukum dan HAM sedang pula menginisiasi Indeks Pembangunan HAM Indonesia.” Tambahnya.

Saya juga berharap bahwa, segala capaian yang telah kita raih dalam pemajuan HAM, tidak membuat kita puas sampai di titik ini saja, melainkan menjadi batu loncatan untuk menggapai sasaran yang lebih tinggi lagi dalam rangka pemenuhan HAM bagi seluruh masyarakat Indonesia.  Pemerintah Indonesia selalu berkomitmen untuk menghormati, melindungi, memenuhi, menegakkan, dan memajukan hak asasi manusia di bumi Indonesia tercinta.” Pungkasnya.

kegiatan dilanjutkan dengan memberikan penghargaan oleh Wakil Presiden kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang terus berkomitmen mewujudkan “Pemajuan Hak Asasi Manusia untuk setiap Orang” yang dimplementasikan melalui kebijakan dan program Hak Asasi Manusia, dan ditutup dengan sambutan dari Wakil Presiden RI.

Peringatan Hari HAM Sedunia merupakan momen reflektif bagi seluruh negara dan bangsa dalam menghormati dan memajukan hak asasi manusia secara universal. Hak Asasi Manusia sejatinya tumbuh bersama dengan keadaban suatu bangsa. Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia berarti menjunjung tinggi peradaban. Pada kesempatan ini saya ingin menekankan bahwa pemerintah mendorong dilaksanakannya upaya pemulihan yang bertanggung jawab, baik secara hukum, sosial, lingkungan, serta tetap mengedepankan nilai-nilai Hak Asasi Manusia.” Ungkap Wapres.

Sebagai penutup, saya ucapkan selamat dan apresiasi kepada lembaga negara dan pemerintah daerah yang meraih penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM, Pemerintah Daerah yang Melaksanakan Pelayanan Publik Berbasis HAM, dan Instansi Responsif dalam Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM. Selamat memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-74 Tahun 2022. Mari jadikan peringatan Hari HAM Sedunia sebagai momen untuk meneguhkan pemajuan HAM bagi setiap orang menuju Indonesia Maju.” Tutur wapres dalam mengakhiri sambutannya.

 

 

KEMENKUMHAM PAPUA BARAT "PASTI BISA", (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

 

WhatsApp Image 2022 12 12 at 19.31.361

WhatsApp Image 2022 12 12 at 19.31.361

WhatsApp Image 2022 12 12 at 19.31.36

WhatsApp Image 2022 12 12 at 19.31.371

WhatsApp Image 2022 12 13 at 00.58.31

WhatsApp Image 2022 12 12 at 19.31.372


Cetak   E-mail