JAJARAN KANWIL KEMENKUMHAM PABAR TURUT LAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI IBU

Pink and Green Minimalist Thank You Card 1

 

Manokwari - Memperingati Hari Ibu Tahun 2022, Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat mengggelar Upacara Bendera, Kamis (22/12) pagi. Pada peringatan yang ke-94 ini mengusung tema ““Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”

Upacara yang digelar di Lapangan Upacara Kanwil Kemenkumham Papua Barat tersebut, dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas dan JFT/JFU serta CPNS 2021 Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

Selain pegawai Kanwil Kemenkumham Papua Barat, upacara ini juga turut dihadiri oleh jajaran UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi yang berada di Manokwari.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (IRUP), Kepala LPP Kelas III Manokwari, Engelina Hukubun dan Komandan Upacara yakni Kasubsi kamtib, Aksamina Marani.

Sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Dalam sambutannya tersebut disebutkan bahwa secara historis perempuan di Indonesia memiliki andil besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Fakta historis para pejuang perempuan Indonesia ini mencerminkan bahwa perempuan Indonesia sudah mempunyai kesadaran sebagai “subjek” otonom yang tidak menjadikan peran domestic sebagai satu-satunya bentuk atau pilihan untuk aktualisasi dirinya sejak lama. Mereka berperan aktif dalam meraih kemerdekaan RI, aktif berkontibusi dalam hidup berbangsa dan bernegara. Mereka dipenuhi cita kemanusiaan yang tinggi” sampainya dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala LPP Kelas III Manokwari, Engelina Hukubun.

“Melalui Peringatan Hari Ibu inilah, kita kembali diiingatkan akan pentingnya peran perempuan dalam mencapai tujuan-tujuan bangsa. Di era kekinian, Peringatan Hari Ibu diharapkan dapar mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia” Lanjutnya.

Saat ini tidak adalagi polarisasi antara laki-laki dan perempuan karena kesetaraan sudah dijamin secara Undang-Undang.

“Kesetaraan bagi seluruh rakyar Indonesia, termasuk perempuan dan laki-laki, memang sudah dijamin sejak awal dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945” ungakpnya.

I Gusti Ayu Bintang Darmawati melalui sambutan yang dibaca pada upacara peringatan hari ini mengajak semua perempuan dan anak-anak untuk menjadikannya sebagai momentum menunjukan kesetaraan.

“momentum Peringatan Hari Ibu sebaiknya juga dijadikan momentum untuk Bersatu mencapai Indonesia yang maju melalui prinsip “equal partnership”. Prinsip ini mencerminkan bagaimana perempuan Indonesia berjalan beriringan dengan kaum laki-laki untuk bersama-sama berperan membangun bangsa” ujarnya.

“Mari terus berkarya, menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri, sehingga bisa menjadi kekuatan yang besar menyejahterakan semua. Perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju” tutupnya.

 

 

WhatsApp Image 2022 12 22 at 09.54.36

 

WhatsApp Image 2022 12 22 at 09.54.43

 

WhatsApp Image 2022 12 22 at 09.50.34


Cetak   E-mail