REFLEKSI AKHIR TAHUN KANWIL KEMENKUMHAM PABAR: 2022 TOREH CATATAN MANIS, 2023 PENUH HARAPAN

Pink and Green Minimalist Thank You Card 1

Manokwari – Disepanjang tahun 2022 ini, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat telah melewati beragam  dinamika  yang dibarengi dengan berbagai torehan yang cukup membanggakan. Walau ditengah berbagai perubahan situasi dan kondisi yang sangat dinamis, Jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat mampu beradaptasi dengan terus bekerja dan berkinerja untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Bertempat di Aula Kantor Wilayah, Kanwil Kemenkumham Papua Barat menggelar Refleksi Akhir tahun 2022 yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah, Taufiqurrakhman bersama dengan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dannie Firmansyah pada Rabu (28/12). Sementara itu Kepala Divisi Administrasi, Piet Bukorsyom dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Jonson Siagian serta Kepala Divisi Keimigrasian, Victor Manurung mengikuti kegiatan secara virtual. Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian di Papua Barat

Mengawali arahannya Kakanwil Taufiqurrakhman menyampaikan bahwa Seluruh Target Kinerja di Kanwil Papua Barat periode B01- B12 telah Terlaksana 100% sesuai dengan Action Plan dan telah diupload kedalam website Target Kinerja Kementerian Hukum dan HAM. Hal ini tentu patut dibanggakan karena berkat kerja keras dari setiap Divisi semua target kinerja dapat terlaksana dengan baik.

Lebih lanjut Kakanwil Taufiqurrakhman juga memaparkan tentang Capaian Realisasi Anggaran tahun 2022, Realisasi Komitmen penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) Kanwil Papua Barat, Nilai SMART DJA di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat Tahun 2022 dan Monitoring IKPA tahun 2022. Khusus pada Monitoring IKPA yang masih bernilai variative dari cukup hingga sangat baik, beliau meminta kepada Satuan kerja yang masih bernilai cukup untuk meningkatkan lagi nilai IKPA hingga menjadi baik atau bahkan sangat baik ditahun 2023.

Terkait anggaran, Kakanwil Taufiqurrakhman menyampaikan bahwa anggaran yang baik adalah anggaran yang pelaksaannya tepat waktu, efektif dan efisien dengan memperhatikan beberapa aspek yang diperlukan seperti kepatuan terhadap regulasi, kesesuaian atas perencaan dan penganggaran dengan pelaksaan anggaran, efisiensi pelaksaaan kegiatan serta efektivitas pelaksaaan kegiatan sehingga penyerapan anggaran berkualitas.

“Wujudkan hal tersebut dengan melakukan kinerja pengelolaan keuangan dengan 3 kunci yakni perencaan, pelaksaan dan pengendalian pengelolaan anggaran” Tegasnya.

Menyambung paparannya, Kakanwil Taufiqurrakhman bersyukur LKE WBK dapat terpenuhi dari semua Pokja di Kanwil Kemenkumham Papua Barat. Dengan terpenuhinya LKE WBK ini diharapkan dapat memotivasi jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat untuk berbuat lebih di tahun 2023 dalam upaya meraih predikat WBK/WBBM, terlebih dengan kondisi Kantor Wilayah yang lebih baik dalam hal fasilitas yang dianggap telah memenuhi standar layanan berbasis HAM. Tidak hanya pada Kantor Wilayah, Kakanwil juga meminta UPT Pemasyarakatan untuk termotivasi dan terdorong melakukan perbaikan sehingga dapat menyusul Kanim Manokwari dan Kanim Sorong untuk dapat menyandang predikat WBK.

Meski banyak melalui dinamika, pada kenyataannya Kanwil Kemenkumham Papua Barat tetap mampu menorehkan catatan manis ditahun 2022 diantaranya Kanwil Kemenkumham Papua Barat Raih Penghargaan Terbaik Ke-1 atas Penilaian Laporan Keuangan UAPPA-W Tahun 2021, Keberhasilan dua pegawai Kanwil Kemenkumham Papua Barat menjadi Runner Up pada ajang E-Sport Piala Gubernur Papua Barat tahun 2022 serta prestasi lainnya. Terkait capaian ini, Kakanwil Taufiqurrakhman sangat mendorong semua jajaran untuk dapat terus berprestasi dalam berbagai bidang yang digeluti.

Disamping itu, capaian lainnya yang ditorehkan oleh Kanwil Kemenkumham Papua Barat yakni Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kakanwil dengan pihak stakeholder terkait yaitu Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Kapolda) Papua Barat, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Kepala BNNP Papua Barat, Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura yang diwakili oleh Ketua Pengadilan Negeri Manokwari, dan Ketua Majelis Rakyat Papua Barat terkait Penerapan Restorative di Papua Barat. Hal ini patut mendapatkan catatan khusus karena hanya Kanwil Papua Barat yang telah melakukannya baru kemudian diikuti oleh kanwil-kanwil lain.

Menutup arahannya Kakanwil meminta kepada seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat untuk dapat meningkatkan kinerja di tahun 2023. Beliau juga mengharapkan catatan minor di tahun 2022 dapat diperbaiki di tahun 2023 terkhusus yang berkaitan dengan penyerapan anggaran.

Terkhusus bagi pegawai kantor wilayah, dengan tampilan wajah baru kantor wilayah setelah dilakukan renovasi dapat memotivasi pegawai untuk dapat lebih giat dalam bekerja dengan semangat terbarukan untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Pada kesempatan ini, Kakanwil Taufiqurrakhman meneruskan pesan dari Sekjen Kemenkumham, Andap Budhi Revianto terkait pelaksaan kinerja  dan penyerapan anggaran di tahun 2023.

Refleksi akhir tahun 2022 di Kanwil Kemekumham Papua Barat ditutup dengan lantunan do’a yang dibacakan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dannie Firmansyah yang mengharapkan kebaikan bagi Kementerian Hukum dan HAM terkhusus Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

 

WhatsApp Image 2022 12 28 at 13.04.15

 

WhatsApp Image 2022 12 28 at 13.04.18

 

WhatsApp Image 2022 12 28 at 13.04.23

 

WhatsApp Image 2022 12 28 at 13.04.27

 

WhatsApp Image 2022 12 28 at 13.04.30

 

WhatsApp Image 2022 12 28 at 15.18.32

 

WhatsApp Image 2022 12 28 at 16.41.19

 

WhatsApp Image 2022 12 28 at 16.41.20

 

 

WhatsApp Image 2022 12 28 at 13.04.33


Cetak   E-mail