OPTIMALISASI PERAN PENGAWASAN ORANG ASING, TIMPORA KANWIL KEMENKUMHAM PABAR GELAR RAKOR DI KABUPATEN TELUK WONDAMA

Breaking news social media template

 

Teluk Wondama – Memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tim pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di Kabupaten Teluk Wondama, Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barta, Victor Manurung mengingatkan untuk selalu memperkuat fungsi pengawasan dan penegakan hukum secara konsisten sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, Selasa (16/05).

Rakor ini yang diselengkarakan oleh Divisi Keimigrasian dan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Wondama, TNI, Polri serta stakeholder terkait yang diselengarakan di  Aula Hotel Iriati Beach. Turut hadir pada rakor ini Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari, Iman Teguh Adianto beserta jajarannya.

Membuka langsung kegiatan, Kadivim, Victor Manurung  mengungkapkan bahwa Rakor tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh jajarannya, menurutnya, keberadaan Timpora sangatlah penting dalam upayanya menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Imigrasi terus melakukan skema kebijakan dalam rangka memulihkan perekonomian Indonesia. Saat ini Direktorat Jenderal Imigrasi memberikan kemudahan kemudahan keimigrasian berlandaskan asas resiprositas dan asas kemanfaatan berupa pemberian bebas Visa kunjungan dan Visa saat kedatangan bersifat terbatas yang diperuntukan bagi orang asing” ujar Victor Manurung.

Menyikapi adanya hal tersebut, maka diprluka pengawasan secara ketat terhadap keberadaan orang asing di Indonesia agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang menyalahi aturan.  Maka Lebih lanjut, Kadivim, Victor Manurung berharap agar seluruh anggota TIMPORA dapat meningkatkan tugas dan fungsinya masing-masing,  koordinasi dan sinergitas mesti ditingkatkan guna menghasilkan fungsi pengawasan yang lebih cermat.

“harapan kami setiap peserta dapat memberikan masukan dan saran terkait pengawasan orang asing sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing serta saling tersinergi sehingga pengawasan orang asing di kabupaten Teluk Wondama berjalan dengan optimal” Harapnya.

Di kesempatan ini Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari, Iman Teguh Adianto dan Kasubid Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Hartono turut mengulas peranan Timpora dalam pengawasan orang asing di Papua Barat dan isu-isu aktual permasalahan imigrasi saat ini yang membutuhkan pertukaran informasi dan sinergitas antar seluruh anggota Timpora terutama di Kabupaten Teluk Wondama.

Sebagai tindak lanjut dari Rakor Timpora di Kabupaten Teluk Wondama, akan dilakukannya Operasi Gabungan oleh Timpora pada perusahaan-perusahaan di Kabupaten Teluk Wondama yang disinyalir mempekerjakan orang asing pada Rabu, 17 Mei 2023.

 

WhatsApp Image 2023 05 16 at 12.49.19232

 

WhatsApp Image 2023 05 16 at 15.03.41ttrt

 

 

WhatsApp Image 2023 05 16 at 12.49.19


Cetak   E-mail