KANWIL KEMENKUMHAM PABAR GELAR OPERASI GABUNGAN TIM PENGAWASAN ORANG ASING DI KAB. TELUK WONDAMA

Pink and Green Minimalist Thank You Card

Wondama, - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat melalui Divisi Keimigrasian Bersama sejumlah Instansi terkait PemProv. Pabar juga Pemda wondama serta mengelar operasi gabungan pengawasan orang asing di Kabupaten Teluk Wondama. Rabu, (17/05).

Pelaksanaan operasi tersebut dimulai Pada pukul 08.30 WIT dilaksanakan apel bersama seluruh anggota yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Kabupaten Teluk Wondama yang berjumlah 13 orang anggota dengan dipimpin oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Victor Manurung.

WhatsApp Image 2023 05 17 at 14.33.15 1

Adapun lokasi pertama yang didatangi oleh Tim yakni PT. Wijaya Sentosa, perusahaan tersebut adalah unit manager sektor pengelolaan kehutanan di Dusner, Distrik Kuri Wamesa, Teluk Wondama.  Kehadiran anggota Tim Pora Kabupaten Teluk Wondama di sambut baik oleh pihak perusahaan dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan yang dilakukan baik dari internal Imigrasi juga terkait dokumen-dokumen keimigrasian juga dari tim dari instansi lain memeriksa dokumen yang berkaitan dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing.

Berdasarkan pemeriksaan administrasi, tidak ditemukan Orang Asing yang bekerja di PT. Wijaya Sentosa, tetapi disampaikan oleh pihak perusahaan bahwa terdapat 2 orang asing warga negara Malaysia yang bekerja sebagai crew kapal di PT. Sinar Jaya Wijaya untuk melakukan bongkar muat kayu. Adapun PT Sinar Jaya Wijaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi, bekerjasama dengan PT. Wijaya Sentosa.

WhatsApp Image 2023 05 17 at 14.33.14 1

Dari hasil pemeriksaan keimigrasian dan pemeriksaan yang dilakukan oleh instansi lain tidak ditemukan adanya indikasi pelanggaran yang menyangkut kegiatan dan keberadaan orang asing. Pada kesempatan tersebut, tim internal Imigrasi menyampaikan kepada pihak perusahaan kewajiban untuk melaporkan apabila kedepan mempergunakan jasa tenaga kerja asing serta untuk 2 orang asing yang bekerja sebagai crew kapal di PT. Sinar jaya pada saat berlabuh agar melampirkan crew list untuk disampaikan ke petugas Imigrasi.

WhatsApp Image 2023 05 17 at 14.33.14

Untuk di ketahui bahwa Koordinasi yang dilakukan melalui opsgab oleh anggota Tim Pora mendapat apresiasi dari pihak perusahaan dan dipandang sebagai pengetahuan baru untuk pedoman apabila PT. Wijaya Sentosa akan mempergunakan tenaga kerja asing serta hal-hal lainnya melalui koordinasi tersebut akan dijadikan atensi. Adapun Kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar serta dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

WhatsApp Image 2023 05 17 at 14.33.15WhatsApp Image 2023 05 17 at 14.33.15


Cetak   E-mail