KUNKER KE BAPAS SORONG, KAKANWIL KEMENKUMHAM PABAR TINJAU PROGRAM PEMBINAAN KEMANDIRIAN "TANAMAN HIAS" KLIEN BAPAS SORONG

Sampul bps

Sorong - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Taufiqurrakhman melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Sorong, Selasa (27/06) pagi.

Dalam kunjungannya kali ini, Kakanwil meninjau langsung program pembinaan kemandirian berupa pelatihan membuat tanaman hias berbahan dasar batang pohon jambu, daun sintetis dan pot semen oleh lima (5) orang klien Bapas Sorong.

Dalam arahan singkatnya, Kakanwil menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Bapas Sorong, M. Basri beserta jajarannya atas pelatihan kemandirian bagi para klien Bapas Sorong tersebut.

"Kendati dengan segala kekurangan yang ada seperti lahan yang sempit dan sarpras serta anggaran yang sangat terbatas, Bapas Sorong terus berkarya dan berhasil. Dan ini salah satunya buktinya, tanaman hias yang telah dibuat oleh Klien Bapas Sorong. Terima kasih Kabapas Sorong dan jajaran", ucap Kakanwil.

Beliau juga meminta agar program kemandirian tersebut terus digalakan dan tingkatkan, mengingat karya yang dihasilkan ini terbilang unik dan belum memiliki banyak kompetitor di Kota Sorong.

"Kalau bisa program pembinaan kemandirian ini terus ditingkatkan dan jangan berhenti sampai disini karena produk yang dihasilkan ini cukup unik dan belum ada kompetitor di Kota Sorong yang menjajakan produk serupa.", pinta Kakanwil.

"Saya minta kepada Kabapas Sorong kalau bisa produknya dibanderol dengan harga yang terjangkau sehingga banyak peminat yang datang dan membeli produk tersebut.", imbuhnya.

Menutup arahannya, beliau berharap agar hal serupa juga turut digelorakan oleh seluruh UPT Pemasyarakatan di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat sehingga Undang-Undang No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Permenkumham No. 35 Tahun 2018 tentang Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan dapat terwujud

Sebagai informasi, pelatihan diatas merupakan bimbingan kemandirian tahap dua (2) Bapas Sorong yang bekerjasama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong dan diikuti oleh lima (5) klien Bapas Sorong pada bulan Juni minggu kedua dan masing berlangsung hingga saat ini.

Sebelumnya, 8 orang klien Bapas Sorong juga telah menyelesaikan bimbingan kemandirian klien tahap satu (1) pada bulan Maret hingga Mei 2023 lalu dan memperoleh sertifikat tanda kelulusan dari BPVP Sorong.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT “PASTI BISA”, (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

2

3

4

5

6

7

8

9

10


Cetak   E-mail