SOSIALISASI PENILAIAN MANDIRI AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (AKIP) TINGKAT KANWIL DAN UPT KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM TAHUN 2023

Breaking news social media template2

Manokwari - Dalam upaya mendorong akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan menindaklanjuti Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi perihal Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) tahun 2022, Kementerian Hukum dan HAM menggelar Sosialisasi Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), Selasa (18/07).

Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan secara Hybrid, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat (Taufiqurrakhman) bersama dengan Kepala Divisi Administrasi (Piet Bukorsyom) dan Kepala Bagian Program & Humas (Syaaltiel Biantong) hadir secara langsung di Ballroom Hotel Mercure Harmoni.

Sementara itu, Plh. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat yang juga Kepala Divisi Keimigrasian, Victor Manurung mengikuti secara Virtual via aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini merupakan salah satu rekomendasi Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) tahun 2022 yaitu mendorong lnspektorat Jenderal melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja sampai ke Unit Kerja terkecil untuk menumbuhkan budaya kinerja yang mampu meningkatkan kinerja organisasi.

Marasidin selaku Inspektur Wilayah (irwil) V Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI hadir memberikan materi dalam giat ini. Dalam paparannya Marasidin menjelaskan Tujuan giat ini ialah untuk memberi pemahaman kepada tim evaluator dan akan melaksanakan monitoring Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tingkat Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2023.

Lebih lanjut Marasidin mengungkapkan bahwa Inovasi harus diciptakan dari Mitigasi Risiko (MR). “Jangan hanya sekedar upload Data Dukung (daduk) tetapi Data Dukung tersebut harus di analisis terlebih dahulu kelengkapannya serta nilai yang akan di berikan” Harapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Auditor yang menyampaikan secara detail terkait pengisian LHE yang terdiri dari 4 komponen, yakni : Perencananan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi akuntabilitas kinerja internal.

Turut hadir dalam kegiatan Kepala Sub Bagian Perencanaan & Pelaporan, Yeti Maisaroh dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Dwi K. Rohana.

 

WhatsApp Image 2023 07 18 at 12.51.202

WhatsApp Image 2023 07 18 at 12.55.062

WhatsApp Image 2023 07 18 at 12.55.061

WhatsApp Image 2023 07 18 at 12.51.203

WhatsApp Image 2023 07 18 at 12.55.06


Cetak   E-mail