KAKANWIL KEMENKUMHAM PABAR BERSAMA BUPATI MANOKWARI SAFARI RAMADHAN DI LAPAS MANOKWARI

1

Manokwari - Dalam nuansa Ramadhan yang penuh berkah, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Piet Bukorsyom bersama Bupati Manokwari, Hermus Indouw melakukan Safari Ramadhan 1445 H Tahun 2024 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari, Selasa (02/04) sore.

Dalam safari perdananya kali ini, Kakanwil didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), James E. Sinaga dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankumham), Agung Damarsasongko dan Plh. Kepala Divisi Pemasyarakatan, Jevius J. Siathen serta Plh. Kepala Divisi Keimigrasian, Lexie A. Mangindaan.

Safari ini merupakan bentuk kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Manokwari dan Kanwil Kemenkumham Papua Barat dalam mempererat tali persaudaraan di antara umat beragama dibulan yang penuh keberkahaan ini sekaligus sebagai salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-60 Tahun 2024.

Kegiatan diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Manokwari, Jumadi.

Dalam laporannya, Kalapas Manokwari menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Manokwari, Kakanwil beserta jajaran dan tamu undangan lainnya yang telah hadir dalam safari ramadhan kali di Lapas Manokwari.

Beliau juga menyampaikan bahwa pada saat ini terdapat 450 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menghuni Lapas Manokwari sehingga menyebabkan over crowded dan berharap adanya perhatian yang serius dari pemerintah daerah dan pihak terkait dalam menyikapi hal tersebut.

Sementara itu, dalam sambutanya, Bupati Manokwari, Hermus Indouw menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Kanwil Kemenkumham Papua dan UPT Pemasyarakatan yang berada di Kota Manokwari yang sudah membangun dan menjaga silahturami serta sinergitas dengan baik bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari.

Selanjutnya, Bupati Hermus menyampaikan kepada para WBP Lapas Manokwari agar perbuatan yang telah dilakukan dimasa lampau dijadikan sebagai pelajaran serta selalu percaya dan andalkan Tuhan karena Tuhan sedang menyiapkan rencana yang indah bagi setiap hamba-Nya.

Diakhir sambutannya, Bupati Hermus juga berpesan kepada jajaran Lapas Manokwari agar melakukan pembinaan yang baik dan benar sehingga setelah keluar dari Lapas Manokwari, WBP ini bisa menjadi insan yang berguna ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

"Semoga dengan adanya Safari Ramadhan ini, kita semua diberikan keberkahaan dan menjadi pribadi yang baik oleh Allah SWT", ujar Bupati Hermus.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Papua Barat, Piet Bukorsyom dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Bupati Manokwari beserta team Safari Ramadhan yang telah menyambangi Lapas Manokwari.

Kakanwil berharap dengan adanya kegiatan ini, kebersamaan ini tetap dijaga dalam bingkai kebhinekaan sehingga terwujudnya kesehjateraan dan kerukunan di Kabupaten Manokwari.

"Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Bupati dan rombongan Team Safari ke Lapas Manokwari. Harapan kami, kebersamaan ini tetap dijaga", harap Kakanwil.

Safari ramadhan kemudian ditutup dengan Tausiyah yang dibawakan oleh H. Baharuddin Sabollah dan Buka Puasa Bersama serta Sholat Maghrib Berjamaah.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh para Kepala UPT Pemasyarakatan yang ada di Kabupaten Manokwari, jajaran Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Pegawai dan WBP Lapas Manokwari serta tamu undangan lainnya.

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA BARAT “PASTI BISA”, (Berwibawa, Inspiratif, Santun dan Amanah)

4

5

6

7

2

3

10

11

12


Cetak   E-mail