Manokwari- Dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang baik dan prima, salah satunya dengan mengoptimalkan peran kehumasan dalam sebuah instansi, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Papua Barat mengikuti kegiatan Pembinaan dan Koordinasi Humas, Hukum, dan Kerja Sama secara virtual di ruang rapat Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Jumat (2/8/2024).
Kegiatan yang digelar oleh Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama ini diikuti oleh Kepala Kepala Sub Bidang Humas, RB, TI dan staf terkait. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh sembilan Kantor Wilayah lainnya, yaitu Kemenkumham Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, dan Kanwil Papua, Maluku dan Maluku Utara yang dipimpin langsung oleh Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Hantor Situmorang.
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba dalam sambutannya, menegaskan pentingnya peran kehumasan dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintah, termasuk Kemenkumham.
"Dengan kerja-kerja humas pemerintah dapat memberikan kepercayaan dari masyarakat melalui kerja-kerja kehumasan dalam waktu cepat memberikan laporan," Ujar Kakanwil Ayorbaba.
Menurut Ayorbaba, kerja humas juga memungkinkan masyarakat untuk mengetahui informasi melalui media sosial Kanwil, serta merespons dengan cepat keluhan masyarakat melalui platform e-Lapor. Selain itu, kerjasama luar dan dalam negeri juga menjadi fokus untuk mengembangkan jaringan melalui aplikasi P2MA dan hubungan kelembagaan.
Sementara itu, Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Hantor Situmorang, menjelaskan bahwa peran kehumasan tidak hanya ada pada Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama saja tetapi juga di Kantor Wilayah dan Satuan Kerja untuk membangun kepercayaan masyarakat kepada Kementerian Hukum dan HAM RI.
"Humas merupakan ujung tombak sebuah instansi yang memiliki peran sangat krusial dalam membangun dan memperkuat citra positif sebuah instansi pemerintah” kata ungkap Hantor.
“Marilah kita tingkatkan peran kita semua dan tingkatkan kepedulian kita serta mengikuti perkembangan yang ada. Kecepatan menjawab dan merespons menjadi penting dalam pengelolaan aplikasi LAPOR! dan pengelolaan informasi krisis pada media” ajak Hantor.
Hantor juga mendorong rekan-rekan humas untuk melakukan koordinasi dan komunikasi jika ada kendala yang dihadapi di Kanwil masing-masing.
Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama Karo Hukerma, baik itu diskusi mengenai strategi efektif dalam menghadapi krisis komunikasi dan bagaimana membangun hubungan yang baik dengan media massa turut diselenggarakan.
Dengan keikutsertaan dalam kegiatan ini, Kanwil Kemenkumham Papua Barat menunjukkan komitmen kuat untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat, serta memperkuat sinergi antarunit dalam memberikan pelayanan yang optimal.